Close
Close

Jelang Idul Adha, Bupati Bursel Serahkan 14 Hewan Qurban

Namrole, Orasirakyat.com 
Dalam rangka merayakan hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Safitri Malik Soulisa menyerahkan 14 ekor Sapi atau hewan qurban kepada sejumlah pengurus Mesjid di Kabupaten Bursel.


Acara penyerahan hewan qurban ini berlangsung secara simbolis di depan kantor Bupati Bursel, Jumat (14/06/2024) pukul 17.00 WIT.


Dalam acara tersebut, selain bupati Safitri Malik Soulisa, turut hadir Sekda Bursel, Rustan Makatita; Danramil 1506-02/ Leksula, Kapten Inf. Abas Siolon; Ketua Panitia Hari Hari Besar Islam (PBHI), Abdul Mutalib Laitupa; dan Kasat Lantas Polres, Iptu Christofel Souisa, dan penerima bantuan serta pimpinan OPD lingkup Pemkab Bursel.


Bupati dalam sambutannya, mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan kebersamaan, kerukunan serta persatuan dan kesatuan antar umat beragama di Kabupaten Bursel. 


Kebersamaan ini nantinya bisa dipakai sebagai satu kekuatan besar dalam menghadapi dinamika masyarakat untuk bangkit, membina dan mereformasi sikap mental umat beragama sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama Islam.


"Pada kesempatan yang bahagia ini, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan kebersamaan, kerukunan serta persatuan dan kesatuan antar umat beragama di Kabupaten Bursel," kata bupati yang akrab disapa Bunda itu.

Politisi PDIP ini juga memberikan apresiasi positif terhadap apa yang telah dilakukan panitia hari besar Islam atas kerja kerasnya sehingga dapat melakukan kegiatan pemerintah daerah melalui bagian kesejahteraan rakyat yang bekerjasama dengan PBHI, Dharma Wanita Persatuan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Buru Selatan.


"Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan qurban dengan maksud agar setiap umat muslim dapat merasakan kegembiraan di hari raya dengan salin berbagi," ujar Safitri.


Menurutnya, dengan momen Idul Adha 1445 hijriah tahun 2024 ini dapat memberikan kesadaran bahwa harta yang dimiliki bukanlah mutlak milik kita, melainkan hanya titipan dari Allah SWT.


"Kegiatan berqurban di hari raya Idul Adha merupakan salah satu upaya untuk menghilangkan jurang pemisah antara si kaya dan si miskin dan semoga pada akhirnya kedua golongan ini akan hidup berdampingan, saling tolong menolong dalam kehidupan bermasyarakat dengan penuh kedamaian dalam suatu ikatan kekeluargaan dan persaudaraan yang semakin erat," ujarnya.


Dalam kesempatan itu Pemerintah daerah Kabupaten Buru Selatan melalui PBHI menyerahkan sebanyak 14 ekor sapi yang tersebar di 5 Kecamatan yakni di Kecamatan Namrole 9 ekor yakni Mesjid Al-Hidayah Desa Leku,  Mesjid Desa Elfule, Itiqlal Labuang, Nurul Hilal Desa Waefusi, As Salihin Desa Oki Lama, Mesjid Desa Lektama, Mesjid Al-badrun Desa Wali, Mesjid Desa Oki Baru dan Mesjid Ar-Rahman Desa Fatmite.


Mesjid Alfalah Desa Lena, Kecamatan Waesama 1 ekor, Kecamatan Leksula 1 ekor yakni Mesjid Desa Nalbessi dan 1 ekor untuk Kecamatan Ambalau tepatnya di Desa Masawoy, Kabupaten Bursel. 


14 hewan kurban ini merupakan sumbangsih dari Pemda sebanyak 11 ekor, PKK 1 ekor, Dharma Wanita 1 ekor dan PBHI 1 Ekor. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News