Close
Close

Polres Bursel Gelar Apel Pasukan Mantap Brata Salawaku dan Sispamkota Jelang Pemilu 2024

Namrole, Orasirakyat.com
Guna mengantisipasi terjadinya mobilisasi masa dalam Pilkada serentak tahun 2024, dan menciptakan Pemilu yang aman dan damai, Polres Bursel melakukan apel gelar pasukan operasi mantap Brata Salawaku 2023-2024 dan dilanjutkan dengan Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota).


Apel gelar pasukan dan Sispamkota ini berlangsung di pertigaan jalan depan kantor KPU Bursel hingga depan Bank Maluku cabang Namrole, Selasa (17/10/2023).


Apel Gelar Pasukan dipimpin langsung oleh Kapolres Bursel, AKBP M. Agung Gumilar, S.I.K. dan dihadiri oleh Bupati Buru Selatan, Hj. Safitri Malik, S.Ip.,M.Si bersama Forkopimda kabupaten Bursel serta instansi vertikal. 


Dalam arahannya, Kapolres mengajak seluruh instansi terkait turut bekerja sama mewujudkan Pemilu yang bersih demi melahirkan pemimpin yang jujur dan adil. 


"Pemilu aman dan lancar membutuhkan kerjasama semua pihak. Jika Pemilu berjalan lancar maka pemimpin yang jujur dan adil akan lahir atas dasar kedaulatan rakyat," ungkapnya.


Selain itu Kapolres mengajak agar pengamanan Pemilu dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional dengan menerapkan sistem buddy system demi menjamin keselamatan personel.

"Saya mengajak semua stakeholder, agar pengamanan Pemilu dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional dengan menerapkan sistem buddy system demi menjamin keselamatan personel," pinta Kapolres. 


Lanjut Kapolres, Sispamkota merupakan wujud kesiapan dan kesigapan Polres Bursel yang baru setahun berdiri dalam menghadapi Pemilu serentak di tahun 2024.


"Sispamkota ini sudah dilatihkan jauh- jauh hari sebelumnya, dan tidak untuk diperagakan pada simulasi saja, tetapi berkelanjutan terus menerus kedepannya sehingga pelaksanaan Operasi Mantap Brata Salawaku dalam rangka giat pengamanan Pemilu di tahun 2023 - 2024 dapat berjalan dengan baik, aman, dan lancar," pungkas Kapolres.


Terpantau, kegiatan tersebut turut dihadiri Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ketua Bawaslu Robo Souwakil, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muhajir Bahta bersama anggota DPRD Asriadi Tomia dan Ahmad Uma Sangadji.

Usai Apel Gelar Pasukan, acara kemudian dilanjutkan dengan Sispamkota Polres Bursel yang menggambarkan bagaimana strategi yang akan dijalankan oleh anggota Polres Bursel dalam mengamankan proses jalannya Pemilu 2024 sala satunya dengan  menggunakan formasi tim Dalmas guna mengatasi berbagai situasi di lapangan dari situasi hijau hingga situasi dengan eskalasi yang semakin meningkat. 

 

Forkopimda bersama instansi terkait yang menghadiri simulasi Sispamkota terlihat sangat antusias menyaksikan seluruh rangkaian peragaan simulasi yang ditampilkan. 


Seluruh rangkaian acara berjalan lancar, aman dan mendapat apresiasi serta dukungan stakeholder dan instansi terkait. Kegiatan kemudian ditutup dengan foto bersama. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News