Close
Close

Depari : Pelantikan Pengurus PWI Kota Tual Momentum Bersejarah Pers Nasional

Tual, Orasirakyat.com
 - Ketua Umum  Persatuan Wartawan Indonesia (Ketum PWI) Pusat Atal Depari mengatakan bahwa pelantikan pengurus PWI Kota Tual merupakan peristiwa bersejarah, bukan hanya untuk PWI Tual tetapi buat PWI secara keseluruhan.

"Baru pertama kali di lantik Ketua PWI di Tual, kita semua menjadi saksi lahirnya PWI Kota Tual hari ini. Momentum ini bukan hanya penting bagi mereka yang baru dilantik, tetapi bagi pers nasional merupakan momentum penting, " Kata Atal, dalam sambutannya pada pelantikan Pengurus PWI Kota Tual periode 2023-2026, Senin, 21 Agustus 2023, yang di pusatkan di Aula Kantor Walikota Tual. 


Menurut orang nomor satu di PWI Pusat ini, karena sudah membuat sejarah, maka itu pers disini diharapkan membawa sejarah yang positif dan bagus. Dengan bisa menunjukkan peran pers seperti apa dalam konteks pembangunan.


"Kalau mau demokrasi bermartabat, pers harus merdeka dan bebas. Kebebasan itu yang kita miliki sekarang, tetapi kebebasan pers yang bertanggungjawab, jangan di salah gunakan. Pers yang bertanggungjawab adalah pers untuk pembangunan daerah dan masyarakatnya, " Tutur Depari. 


Wartawan Suara Karya ini menyebut, kemitraan pers harus nomor satu dan sejalan. Pers saat lahir zaman kuno sudah bermitra dengan pemerintah, hal itu dapat terlihat dimana pemerintah telah mengisi berita dengan keputusan dan kebijakannya, dalam kolom surat kabar.


Pengurus PWI harus bisa menjembatani selalu, fungsi pers sebagai fungsi kontrol harus di jalankan, tetapkan jalankan fungsi kontrol. Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Maluku Alex Sariwating juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tual atas supportnya sehingga Rapat Kerja I PWI Provinsi Maluku sekaligus pelantikan pengurus PWI Kota Tual dapat terselenggara.


"Maka itu saya mengajak teman-teman ingat hati, meski Pemkot Tual telah membantu, bukan berarti kita tidak melakukan fungsi kontrol kita sebagai pers dalam melakukan pengawasan.  Lakukanlah pengawasan dalam falsafah hidup orang Kei yakni Ain ni ain.  Saya titip itu," Ujar Sariwating. 


Alex berharap, saat menulis berita pers harus cover both side, jangan sampai tidak di konfirmasi,  itu akan membuat investor tidak mau datang di Kota Tual. Karena investor mau datang apabila stabilitas keamanan bagus, sehingga dalam menulis insan pers tidak miring dan harus konfirmasi. 


Turut hadir dalam pelantikan pengurus PWI Kota Tual Wakil Walikota Usman Tamnge dan pimpinan Forkopimda Kota Tual, dan 8 pengurus Kabupaten/Kota dan Ketua OKK PWI Pusat Zulkifli Gani Ottoh. 


Akhirnya, Pengurus PWI Kota Tual, resmi dinahkodai Abdullah Tusiek sebagai Ketua PWI Kota Tual, Sekretaris Geraldo Leisubun dan Bendahara Labes Remetwa. (Yul)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News