Close
Close

Normal, Arus Balik Gunakan KM Dorolonda Dari Pelabuhan Namlea

Namlea, Orasirakyat.com - Paur Humas Polres Pulau Buru, Aipda MYS Jamaludin menjelaskan, kalau arus balik dari pelabuhan Namlea menuju Ambon dengan KM Dorolonda terpantau normal dan lancar. 

"Arus balik penumpang paska lebaran idul fitrih  1444 hijriah terpantau normal dan lancar, " jelas Paur Humas Polres Pulau Buru, Aipda MYS Jamaludin dalam siaran pers, Kamis pagi (27/4/2023). 


Arus balik menuju Ambon dari pelabuhan Namlea usai lebaran tetap berjalan lancar dan tidak sampai membludak karena ada angkutan penyeberangan dengan kapal feri dan juga kapal cepat yang beroperasi setiap hari. 


Karena itu, saat KM Dorolonda dari wilayah barat bersandar di Pelabuhan Namlea dengan tujuan Ambon, Ternate dan Bitung, terpantau penumpangnya juga tidak terlalu berdesakan. 


Menurut Jamaludin, KM Dorolonda tiba di Namlea pada Rabu malam, pukul 20.30 wit. Bersandar hanya beberapa jam dan lanjut bertolak menuju Ambon pada pukul 23.00 WIT. 


Dalam situasi turun dan naik penumpang ini, terpantau ada oknum yang berbuat nakal dengan melakukan aksi pencurian. 


Namun berkat kwsigapan aparat keamanan berhasil diamankan terduga pelaku kasus pencurian, dengan tersangka bernama Syahrisal, warga asal Ujungpandang, beralamat tempat tinggal di BTN GMI Sambotara Desa Bontoa Kec. Mandai.


Arus balik dengan KM Dorolonda itu dipantau langsung oleh Kapolres Pulau Buru, AKBP Nur Rahman dan Dandim 1506/Namlea, Letkol Arh Agus Nur Fujianto dan sejumlah perwira Polres. 


Dengan ditemani Kepala PT PELNI Cabang Namlea, Surahman dan Kepala Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Kelas 2 Namlea, Jonly Arnold Pentury, rombongan kapolres lebih awal berada di sana sebelum KM Dorolonda sandar di Pelabuhan Namlea. 


Usai bersandar, terpantau penumpang yang datang dari Makassar dan Bau Bau yang turun di Namlea sebanyak 234 orang. 


Sementara penumpang yang naik sebanyak 671 orang. "Mereka yang naik ini usai berlebaran di kampung halaman dan harus balik lagi usai liburan dengan tujuan terbanyak turun di pelabuhan  Yos Sudarso Ambon dan sebagian kecil lagi menuju Ternate dan Bitung, " jelas Jamaludin. 


Selain penumpang turun dan naik , KM Dorolonda juga mengangkut penumpang lanjutan dari wilayah barat menuju Ternate dan Bitung sebanyak 2.537 orang. 


Tambahkan Jamaludin, kalau Kapolres Pulau Buru beserta rombongan menyempatkan  naik ke KM Dorolonda untuk  melihat langsung aktifitas dan  menyapa para penumpang yang akan melaksanakan arus balik mudik. 


Dalam peninjauan tersebut  Kapolres Pulau Buru  melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap kelayakan dan kesiapan fasilitas Kapal KM Dorolonda. Baik dari segi keamanan pada saat emergency sekaligus melakukan koordinasi dengan nahkoda. 


Peninjauan arus balik mudik dilakukan untuk memastikan berjalan sesuai yang telah direncanakan, sehingga para penumpang bisa melanjutkan perjalanan dengan lancar, aman dan selamat.


Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memantau kesiapan moda transportasi laut beserta pelayanan stacke holder terkait. (LTO)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News