Close
Close

Kunker, Mercy Barends Janji Akan Perjuangan APBD Bursel

Namrole, Orasirakyat.com – Anggota DPR RI Dapil Provinsi Maluku, Mercy Christy Barends melakukan kunjungan kerja ke kabupaten Buru Selatan. 


Anggota Komisi VII DPR RI dari partai PDIP ini dalam kunjungan kerjanya mengaku akan memperjuangkan penambahan APBD Kabupaten Buru Selatan asalkan ada kerja sama dengan pemerintah daerah dalam mempersiapkan data.


Demikian disampaikan Barends saat diwawancarai wartwan usai melakukan Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Daerah di Aula Lantai II Kantor Bupati Bursel, Selasa, (6/12/2022).


Barends menjelaskan bahwa, negara saat ini dalam kondisi kurang baik dimana APBN mengalami kendala yang serius akibat pendapatan BUMN maupun penerimaan negara bukan pajak turun jauh dan berpengaruh pada DAK dan DAU.


“Akhirnya DAU dan DAK banyak yang terpotong dan bukan hanya di Buru Selatan tapi berpengaruh secara nasional,” ujarnya.


Ia mengatakan, karena baru saja terjadi perbaikan struktur ekonomi dan Inpres berkaitan dengan covid-19 sudah dan pembahasan APBN secara normatif sudah digelar maka devisit itu tidak boleh lebih dari 3 persen.


“Kalau devisit tidak boleh lebih dari 3 persen, kita cari akal bagaimana agar anggaran kita ini masih cukup sehat dan kita berkerja untuk itu,” ucapnya.


Khusus untuk Maluku dan 10 Kabupaten/Kota yang lain, secara bertahap pihaknya akan membantu meningkatkan seluruh daya ekonomi demi memulihkan kondisi daerah.


Barends juga mengaku telah berjuang mati-matian untuk memperjuangkan kebutuhan daerah demi kesejahteraan masyarakat.


“Kalau tanya saya jujur, yang paling saya selamatkan itu DAU karena berkaitan dengan seluruh gaji-gaji pegawai dan kedua Dana Desa (DD). Dana Desa ini semua desa pasti dapat, sebab dana desa itu sangat membantu. Kalau desa mandiri, kecamatan mandiri pasti kabupaten mandiri,” ungkapnya.


Namun semua itu butuh perencanaan terkait dana desa, tidak bisa tiba saat tiba akal. Tetapi harus disertakan RPJMDesa dan pengembangan kawasan strategis desa.


“Karena kita tidak tahu sesudah 2024, racikan setiap presiden ini kan beda-beda. Kita kan tidak tahu presiden berikut masih mau isi anggaran untuk dana desa atau tidak,” imbuhnya.


Terkait permintaan Bupati agar dirinya dapat mendorong agar APBD Buru Selatan ditingkatkan hingga triliunan, Mercy mengaku dirinya berada di Badan Anggaran DPR RI dan akan memperjuangkan itu asalkan Pemda Bursel dapat bekerja secara bersama-sama.


“Kita harus bekerja bersama-sama, dari kabupaten harus mendukung dengan data-data,” tandasnya. (OR/01)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News