Close
Close
Orasi Rakyat

Kantongi SK, Fakaubun Dan Simaela Sah Pimpin KNPI Bursel



Namrole, Orasirakyat.com 
Polemik kepemimpinan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) akhirnya terjawab. 


Sesuai Surat Keputusan (SK) DPD KNPI Provinsi Maluku Nomor : Kep.01/DPD KNPI/MALUKU/IV/2022 tanggal 20 April 2022 Tentang pengangkatan Carter Dewan Pimpinan Cabang Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Bursel, Provinsi Maluku, telah menetapkan Bahri Fakaubun dan Frederik Simaela sebagai ketua dan sekretaris yang Sah untuk memimpin KNPI di Bursel.


Kedua Pimpinan KNPI Kabupaten Bursel yang berprofesi sebagai wartawan ini mengantongi SK setelah mereka dipandang layak untuk memimpin pemuda di Bumi Lolik Lalen Fedak Fena.


Ketua KNPI Bursel, Bahri Fakaubun dalam keterangannya mengatakan, SK yang diterimanya tersebut menyusul adanya instruksi dari DPP dan DPD I Provinsi Maluku kepada DPD II Kabupaten Bursel untuk melakukan konsolidasi sesuai Angaran Dasar dan Angaran Rumah Tangga KNPI dengan tugas utama menyiapkan Musyawarah guna mendapatkan pemimpin defenitif KNPI Bursel.


Fakaubun mengaku, dirinya ditunjuk karena mendapat dukungan dari berbagai pihak salah satunya dari DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Bursel.


"Kami ditunjuk untuk memimpin KNPI Bursel bukan asal-asalan tapi selain kekuatan konsolidasi, kami juga didukung oleh berbagai OKP salah satunya DPC GMNI Kabupaten Bursel, maka itu dalam waktu dekat kami akan mendaftarkan kepengurusan kami di Kesbangpol Pemda Bursel," terang Fakaubun, Jumat (22/4/2022) malam.


Ia menjelaskan, dalam SK kepengurusan yang diterimanya, selain tugas utama untuk menyiapkan Musyawarah Daerah Tingkat Cabang, pihaknya juga diinstruksikan untuk membekukan kepengurusan DPC KNPI Kabupaten Bursel yang tidak sejalan dengan Hasil Kongres XVI Pemuda /KNPI Tahun 2022.


"Jadi tugas kami sesuai pasal 2 dalam SK itu, kami diinstruksikan menyiapkan dan melaksanakan Musyawarah Daerah DPC KNPI selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan setelah dikeluarkannya keputusan ini. Selanjutnya Membekukan kepengurusan DPC KNPI Kabupaten Bursel yang tidak sejalan dengan Hasil Kongres XVI Pemuda /KNPI Tahun 2022," ujarnya.


Disamping itu, Fakaubun dan Simaela juga ditugaskan untuk melalukan verifikasi status keberadaan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Kabupaten Bursel sebagai acuan kepersertaan OKP dalam berbagai kegiatan DPC KNPI.


"Kami juga diberikan kewenangan penuh untuk melaporkan pihak pihak atau oknum yang mengatasnamakan DPC KNPI Kabupaten Bursel kepada pihak berwajib," tandasnya.


Fakaubun juga menjelaskan bahwa, tidak ada lagi dualisme atau tigalisme kepemudaan yang ada hanyalah pemuda satu untuk Indonesia maju, terutama pemuda Di Bursel. 


"Secara kelembagaan DPD KNPI Bursel mengucapkan banyak terima kasih atas tugas dan amanah yang di percayakan kepada saya selaku ketua DPD KNPI dan Pak Edi sebagai sekretaris, Ny Diana Rumbaru selaku bendahara serta Ahmad Namkatu selaku ketua OKK serta seluruh pengurus yang dipilih untuk ada sama-sama dalam kepengurusan untuk membenahi pemuda di Bursel," paparnya.


Dia meminta kepada setiap OKP Cipayung dan pemuda Bursel untuk sama-sama bersinergi melihat situasi dan kondisi kepemudaan di Bursel serta kepada OPD agar tetap bermitra dalam mensukseskan program Bupati dan Wakil Bupati Bursel.


"Selaku Ketua KNPI, secara kelembagaan saya kembali tegaskan bahwa kalau ada siapapun yang mengatasnamakan atau membawa-bawa nama KNPI untuk kepentingan pribadi maka saya siap menempuh jalur hukum untuk memproses yang bersangkutan sesuai hukum yang berlaku," pungkasnya. (OR/01)

Ikuti Kami Di👆

Post a Comment

Previous Post Next Post