Close
Close

Bakamla RI Kukuhkan 30 Rapala di Ambon

Ambon, Orasirakyat.com
Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Arif Sumartono bersama Direktur Kerja sama Kolonel Bakamla Purwanto Djoko secara resmi mengukuhkan 30 Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) di Aula Salah Satu Hotel di Kota Ambon, Jumat (22/4/2022).


Pengukuhan Rapala secara simbolis dengan penyerahan bendera Rapala berkelirkan logo Bakamla RI oleh Kolonel Purwanto Djoko dan Rompi Rapala oleh Laksma Arif Sumartono kepada tiga orang perwakilan Rapala.


Laksma Bakamla Arif Sumartono dalam sambutannya menyampaikan bahwa posisi strategis kota Ambon yang memiliki garis pantai yang cukup panjang dan menghadap langsung ke ALKI-III dengan sumber daya dan potensi kelautan yang tinggi. Hal tersebut adalah salah satu anugerah yang dimiliki kota Ambon dan perlu kita jaga kelestarian laut serta sumber dayanya.


Dalam menjaga sumber daya dan potensi alam tersebut diperlukan kepedulian, sinergi, serta kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah. “Peran pemerintah dalam melakukan pembinaan masyarakat diwujudkan oleh Bakamla melalui pembentukan Rapala di Kota Ambon ini,” jelas Laksma Bakamla Arif Sumartono.


Menyambung sambutan Kazona Timur, Kolonel Purwanto Djoko menambahkan bahwa Rapala yang terbentuk nantinya memiliki tugas menjadi mitra Bakamla RI dalam membantu melaksanakan pengawasan terhadap keamanan laut, membantu melaksanakan tugas keselamatan laut dan membantu melaksanakan tugas perlindungan lingkungan laut.


Sebelumnya, para relawan menjalani tes SWAB Antigen untuk mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19. Setelah itu para relawan diberikan beberapa materi mengenai Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan oleh Letkol Laut Iwan dari Lantamal IX Ambon, Trend Kejahatan di Perairan Ambon oleh Ipda Jonry Latumenten dari Polairud  Polres Ambon, P4GN oleh Drs. Abner Timisela dari BNNP Maluku dan SAR Dasar oleh Fredy Piris, S.Sos, M.Si bersama Patrick Gomies, S.Sos dari Basarnas Kota Ambon.


Turut hadir dalam pengukuhan 30 Rapala Ambon diantaranya perwakilan dari Walikota Ambon, Polda Maluku, Lantamal IX Ambon, Komando Distrik Militer 1504 Ambon, Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Dinas Perikanan Kota Ambon, Dinas Kesehatan Kota Ambon, Dinas Lingkungan Hidup Kota Ambon, Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon, BPBD Ambon, KSOP Kelas 1 Ambon, Camat Nusaniwe Ambon dan Kepala Desa Amahusu Ambon. (Rls)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News