Close
Close
close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Rifai Jadi PS Kasipropam Polres Buru, Tuhuteru Jabat Kapolsek Waesama

Ipda Dede Syamsi Rifai & Ipda Basten Tuhuteru 

Namrole, Orasirakyat.com
Kapolsek Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), IPDA Dede Syamsi Rifai kini  dipromosikan menduduki posisi penting di Mapolres Pulau Buru sesuai surat Telegram Kapolda Maluku Nomor : ST/37/II/KEP/2022 tanggal 4 Februari 2022. Rifay di angkat dalam Jabatan Baru sebagai PS Kasipropam Polres Pulau Buru.


Sosok Rifai sendiri dalam tugas sebagai Kapolsek Waesama diketahui sangat bersahaja dengan masyarakat, bahkan segala tindakan yang berkaitan dengan tugas dan tupoksi kepolisian juga mendapat sorotan publik dengan penilaian yang sangat baik.


Khususnya untuk masyarakat Kecamatan Waesama, Rifai dikenal santun dengan cara dan metode pelayanannya yang luar biasa.


Salah satu prestasi yang menjadi sorotan publik adalah terkait dengan keberhasilannya meredam sejumlah potensi konflik dan tindak kriminal lainnya di wilayah Kecamatan Waesama yang merupakan salah satu wilayah rawan konflik di kabupaten Bursel.


Keberhasilan meredam potensi konflik di Kecamatan Waesama ini lantaran cara dan sistem pendekatannya terhadap masyarakat sungguh menyentuh semua kalangan. Dirinya dalam pelayanan tidak memandang status sosial sehingga dia sangat disukai dan diterima semua kalangan termasuk, mendapat tempat spesial di hati masyarakat adat. 


Hal yang sangat menyolok dari dirinya adalah, terkait dengan persoalan di kalangan masyarakat adat di wilayah kerjanya, dimana dirinya sering menyampaikan agar persoalan yang berkaitan dengan persoalan adat diselesaikan dengan melibatkan pemuka adat di wilayah kerjanya. 

Bahkan yang selalu diutamakan adalah melakukan pendekatan Restorative Justice, disertai penyuluhan hukum untuk menciptakan masyarakat sadar hukum. 


Bukan hanya terkenal dekat di kalangan masyarakat kecamatan Waesama saja, Rifai juga terkenal dekat dan sangat akrab dengan semua wartawan di kabupaten Bursel. Sosoknya menjadi inspirasi, karena kesantunannya dalam bergaul. 


Setelah dirinya dimutasikan, jabatan yang di tinggalkan IPDA Dede Rifai kini di Jabat Oleh IPDA Bastian Tuhuteru, yang semula menjabat sebagai kepala SPKT Polres Pulau Buru.

Sekedar diketahui, mantan Kepala Unit Binmas Polsek Namrole IPDA Bastian Tuhuteru pernah di Nobatkan sebagai Polisi Teladan Nasional nomor satu di Indonesia atas jasa dan pengabdiannya mengajarkan cara membaca dan menulis bagi masyarakat komunitas adat.


Tak hanya itu, pola hidup sehat yang diajarkan Tuhuteru kepada anak-anak di Dusun Waelafao desa Wamkana Kecamatan Namrole Kabupaten Buru Selatan juga menjadi inspirasi yang wajib dicontoh oleh semua polisi.

Seperti Ipda Rifai, Tuhuteru juga sangat akrab dan dikenal luas oleh masyarakat Bursel. Inovasi dalam pelayanan membuat semua masyarakat mengenalnya.


Tuhuteru juga dikenal sangat dekat dengan para jurnalis di kabupaten Bursel. Dari situ, kepemimpinan Tuhuteru diharapkan mampu menyatukan perbedaan yang ada di masyarakat Kecamatan Waesama. (Red)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Post a Comment

Previous Post Next Post