Close
Close

Bawaslu Bursel Tertibkan Ratusan APK Caleg

Namrole, Orasirakyat.com
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) bersama Satpol PP, Dinas perhubungan menertibkan ratusan alat peraga kampanye (APK) peserta Pemilu tahun 2024, Minggu (11/11/24).


Ratusan APK peserta Pemilu tahun 2024 yang terpasang sepanjang jalan pusat Kota Namrole Bursel ini, akhirnya ditertibkan Bawaslu dan Satpol PP memasuki masa minggu tenang.


Alat peraga kampanye (APK) yang di tertibkan yakni Baleho, Spanduk, pamflet, bendera hingga striker.


"Untuk kegiatan hari ini, sebelumnya kami telah menghimbau Parpol peserta Pemilu agar membuka APK secara suka rela. Namun sebagian APK belum dibuka, makanya langsung kami tertibkan," kata Ketua Bawaslu, Robo Souwakil kepada awak media di Namrole, Minggu 11 Februari 2024.

 

Menurut Souwakil, penertiban APK juga dilakukan Bawaslu berdasarkan surat instruksi Nomor 5 tahun 2024 yang ditandatangani Ketua Bawaslu RI. Instruksi itu berkaitan dengan patroli pengawasan dalam rangkah penertiban APK.


"Dalam beberapa poin instruksi itu harus melibatkan pemerintah daerah dalam hal ini dinas perhubungan, Satpol PP dan pihak kepolisian. Makanya hari ini, kami bersama-sama menertibkan seluruh APK di dalam Kota Namrole," akuinya.

Selain penertiban di dalam kota Namrole, Bawaslu juga telah mengintruksikan, seluruh Panwascam, Panwas desa maupun pengawas TPS di enam Kecamatan di Bursel untuk serentak melakukan penertiban APK di seluruh wilayah di Bursel.


"Kami juga telah mengintruksikan kepada seluruh pimpinan Panwascam, pengawas desa dan TPS untuk serentak melakukan penertiban APK peserta Pemilu 2024 yang tersebar di enam Kecamatan di Bursel," ujarnya.


Sementara itu, Plt Kabid Penertiban dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP, Ali Sela mengatakan, Satpol PP dilibatkan dalam penertiban APK peserta Pemilu tahun 2024 sesuai Undang-undang yang berlaku.

"Penertiban APK peserta Pemilu dilakukan mulai dari seputaran Kantor Bupati, Labuang hingga Bandar udara Namrole Bursel," kata Ali. 


Ia mengaku, kehadiran pihaknya adalah perwakilan pemerintah daerah dalam rangka berkaloborasi d ngan Bawaslu guna memenuhi undang-undang demi terlaksananya pemilu yang aman dan damai.


"Hari ini kami sudah bekerjasama dengan Bawaslu untuk melakukan penertiban sesuai dengan perintah undang - undang yang berlaku," tandasnya. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News