Close
Close

KPU Bursel Gelar Bimtek Bagi Ratusan KPPS

Namrole, Orasirakyat.com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pemungutan dan perhitungan suara bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Kecamatan Namrole dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.


Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Serba Guna Namrole pada Jumat 26 Januari 2024 diikuti ratusan KPPS se-Kecamatan Namrole.  Hadir dalam kegiatan tersebut, Kordiv Hukum KPU Bursel, James Tasane, Kordiv Teknis, Ismudin Booy, Sekretaris KPU, Abdurahman Nunlehu dan Kasubag Hukum KPU Maluku, Ahmad KotaBanda.


Kegiatan Bimtek dilakukan untuk memperkuat kinerja anggota KPPS di masing TPS, pada saat Pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024.


"Kegiatan Bimtek ini dalam rangka mempersiapkan tahapan Pemilu 2024, pada pemungutan dan perhitungan suara yang tersisa 19 hari lagi," kata Kordiv Hukum KPU Bursel, James Tasane sambutannya.


KPPS dalam menjalankan tugas menurut Tasane, tentunya terdapat banyak hal akan dihadapi KPPS. Banyak dinamika yang tanpa dipikirkan itulah dapat saja mengganggu kinerja KPPS.


Namun dengan memahami semua ketentuan dan Regulasi yg di dapat dalam bimtek ini. Dipastikan dapat menolong KPPS dlm menjalankan tugasnya.


"Tentunya ada banyak hal yang akan dihadapi teman-teman KPPS. Namun, lewat Bimtek ini bisa membantu teman-teman (red,KPPS) dalam tugasnya kedepan," terang Tasane.


Dijelaskan Tanase, anggota KPPS yang mengikuti Bimtek saat ini, tentunya secara ketentuan administrasi telah terpenuhi dan ditetapkan, serta dilantik oleh PPS  masing-masing  atas nama KPU Bursel.


Dirinya meyakini, anggota KPPS se-kecamatan Namrole tentunya memiliki pengalaman kepemiluan yang baik, serta pemahaman akademik cukup. Bahkan KPPS waktu pelantikan telah menyatakan, sumpah dan janji sebagai anggota KPPS.


Tentunya semua hal itu, sebagai suatu komitmen dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota KPPS. Terhadap semua itu, ada aturan-aturan yang mengikat baik itu Etika penyelenggara pemilu, maupun tindak pidana Pemilu sebagaimana di atur dalam PKPU dan UU Pemilu.


"Perlu integritas dan kejujuran Teman-teman semua dalam melaksanakan tugasnya. Hindari semua kepentingan politik, manuver-manuver politik dari para peserta pemilu dan Tim Kampanye. Sehingga, kepercayaan lembaga ini buat teman-teman dapat memiliki indeks prestasi kerja yg baik," jelas Tasane.


Tasane berharap, materi yang akan diberikan oleh pemateri dalam Bimtek ini, dapat memberikan hasil yang baik bagi anggota KPPS. Untuk itu, keseriusan teman-teman KPPS sangat penting.


"Kami berharap, kiranya semua materi yang diberikan pemateri nantinya dapat memberikan hasil baik bagi teman-teman semua. Kami sangat memerlukan keseriusan teman-teman semua dalam mendengar dan menyerap semua materi. Ada hal-hal penting yang nantinya, dijelaskan terlebih khusus pelaksanaan Pemungutan dan perhitungan suara di TPS," tandasnya. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News