Close
Close

Sejumlah PAMA dan Bintara Polres Bursel Naik Pangkat

Namrole, Orasirakyat.com
Polres Buru Selatan (Bursel) menggelar upacara kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi kepada sejumlah Perwira dan Bintara Polres Bursel serta 5 Anggota Brimob Kompi 3 Batalion A Pelopor periode 1 Januari 2024.


Upacara kenaikan pangkat yang berlangsung, Minggu (31/12/2023) bertempat di lapangan apel Mapolres Bursel dan dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP M. Agung Gumilar.


Kapolres Bursel, AKBP M. Agung Gumilar dalam amanatnya mengatakan pangkat merupakan penanda kedinasan dalam strata susunan personel Polri yang dibutuhkan sebagai dasar kedudukan dan kehormatan penggajian serta keabsahan wewenang dan tanggung jawab dalam organisasi Polri.


"Pangkat juga penanda hirarki yang diberikan negara kepada personel Polri sesuai kemampuan dan kualifikasi yang dimiliki," ujar Kapolres.

Ia mengatakan, kenaikan pangkat bukanlah hadiah dari pimpinan Polri, namun sebagai “Buah" hasil dari prestasi kerja dan pengabdian yang diperoleh melalui penilaian sistem informasi penilaian kinerja (SIPK) secara berjenjang sampai tingkat Mabes Polri yang di rekomendasikan oleh dewan pertimbangan karier dengan memperhatikan persyaratan materil maupun formil dari masing - masing personel Polri.


"Saya selaku Kapolres Bursel beserta staf dan Bhayangkari mengucapkan selamat kepada seluruh personel yang baru dinaikkan pangkat setingkat lebih tinggi, dengan harapan, dapat meningkatkan kemampuan dan kinerja, serta tanggung jawas dalam setiap pelaksanaan tugas yang dibebankan kepada saudara - saudara, dengan hasil yang lebih baik dari sebelumnya," paparnya.


Semua ini, lanjutnya, merupakan konsekuensi logis atas kenaikan pangkat saudara disamping meningkatnya tanggung jawab dan status (SEGAGA) petunjuk, bahwa saudara memang layak untuk dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi.


Pada kesempatan itu pula Kapolres mengajak semua personil menjaga fisik, mental dan kesehatan agar bisa siap mengamankan tahapan - tahapan Pemilu sampai dengan selesai.


"Pemilu nantinya, mengingat kita berada dalam 2 operasi Kepolisian yakni operasi Mantap Brata Salawaku 2023-2024 dan Operasi Lilin Salawaku 2023 yang berlangsung serentak di Intensi Polri seluruh Indonesia. Saya mengingatkan agar selalu menjaga kebersamaan dalam internal Polri maupun instansi terkait lainnya dalam mengamankan serta mensukseskan Operasi yang sedang berlangsung ini," ucap Kapolres.


Kapolres juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada sejumlah personil atas prestasi yang sudah diraih selama ini. Ia berharap penghargaan itu bisa menjadi motivasi kepada personel Polres Bursel yang lain untuk bekerja lebih baik lagi.


"Penghargaan yang diberikan kepada beberapa personel merupakan wujud apresiasi pimpinan kepada personel yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik," tandasnya.

Adapun prestasi yang diraih diantaranya adalah dari satuan Intelkam dan Satuan Reskrim, yang telah berhasil mengungkap dan menangkap pelaku kasus - kasus menonjol yang terjadi di wilayah hukum Polres Bursel. 


Apresiasi juga diberikan kepada personel Bhabinkamtibmas atas kontribusinya dalam melaksanakan tugas perlindungan dan pengayoman yang optimal bagi masyarakat khususnya pada desa binaannya serta personel yang bertugas di luar tugas pokok sehari - hari. 


"Saya harap prestasi yang sudah diraih dapat dipertahankan dan di tingkatkan. Saya mengajak seluruh personel Polres Bursel dan polsek jajaran untuk meningkatkan etos kerja kearah yang lebih baik sehingga menciptakan Polri yang presisi," tutupnya.


Sekedar diketahui, Personel Polres Bursel yang di naikan pangkat setingkat lebih tinggi sebanyak 18 personel di antaranya PAMA sebanyak 4 personel dan bintara sebanyak 14 personel serta penambahan 5 dari personel dari Brimob Kompi 3 Batalyon A Pelopor Polda Maluku yang bersama - sama melaksanakan upacara kenaikan pangkat di Polres Bursel. 


PAMA Polres Bursel yang naik pangkat dari IPTU ke AKP adalah, Kasat Samapta, AKP Sonny Ohello dan  Kasat Binmas, AKP M Yusuf Ali.


Untuk pangkat IPDA menjadi IPTU, ada Kapolsek Ambalau, IPTU Saripuddin dan Kasubsibankum Sikun, IPTU Daniel Apituley.


Sementara untuk Bintara, dari pangkat Brigpol menjadi Bripka hanya BA Polsek Kepala Madan, Bripka Muh. Nakis.


Untuk pangkat Briptu menjadi Brigpol ada 12 orang. Mereka adalah Ahmad Pary, Isman E Madaul, Syahrul Waleilu, Daniel R Lesbatta, Destino F Thung, Dino Pattiasina, Arjin Wally, Syamsudin Masbait, Syafril Resa Salim, Helmy Yahya, Patrick F R Pattiasina dan Sahrul Umarella. Sedangkan dari Bripda menjadi Briptu hanya Rio Ririhena. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News