Close
Close

Sariwating Lantik Pengurus PWI Buru Masa Bakti 2023-2026

Namlea, Orasirakyat.com
Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Buru, Maluku masa bakti 2023-2026 resmi dilantik oleh Ketua PWI Maluku Alex Sariwating yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Buru, Jumat (27/10/2023).


Ketua Pelaksana Konferensi PWI Buru III Erens J. Tasidjawa dalam laporannya mengatakan sebelumnya proses Konferensi PWI Buru III dilakukan pada hari Kamis, 26 Oktober 2023. Prosesi Konferensi dimulai pukul 10.00 Wit dan berlangsung lancar dan aman.


"Konferensi PWI Buru ke tiga sebelumnya dilakukan pada kamis kemarin, agenda konferensi berlangsung lancar dan aman dari pukul 10.00 pagi sampai pukul 15.30 sore WIT," ungkapnya.


Tasidjawa menyebut pelaksanaan Konferensi dan Pelantikan Pengurus PWI Buru III dilakukan secara terpisah, untuk pelaksanan pelantikan dilakukan pada hari Jumat, 27 Oktober 2023.


"Konferensi dilaksanakan hari kamis kemarin tanggal 26 dan prosesi Pelantikan dilakukan pada hari ini," tambahnya.


Dari hasil Konferensi itu Asma Payapo terpilih sebagai Ketua PWI Buru dan dilanjutkan dengan penyusunan komposisinya.


" Ia, hasil konferensi Asma Payapo terpilih sebagai ketua, usai pemilihan langsung disusun komposisi kepengurusan," ungkapnya.


Ketua defenitif PWI Kabupaten Buru Asma Payapo dalam sambutannya mengatakan sangat mengutamakan kebhinekaan dan menghilangkan perbedaan, serta merangkul semua pekerja jurnalis di daerah ini untuk bersama-sama bersinergi dengan Pemkab Buru untuk membangun Bupolo tercinta.


“Sebagai implementasi dari perwujudan visi dan misi PWI periode 2023-2026 pada masa kepengurusan saya, maka dengan kesadaran penuh serta tanggung jawab kita bersama dalam meningkatkan profesionalisme kerja, serta bermitra dengan Pemkab Buru yang humanis dan melestari. Semoga Allah SWT meridhoi niat dan langkah kita dalam membangun daerah tercinta, serta menciptakan kehidupan para pekerja jurnalis di Kabupaten Buru sebagai wujud dan tanggung jawab berbangsa dan bernegara,” ujar Payapo.


Diketahui, pengurus PWI Kabupaten Buru periode 2023-2026 dilantik secara resmi oleh Ketua PWI Provinsi Maluku Alex Sariwating, pelantikan itu ditandai dengan penyerahan bendera pataka, oleh Ketua PWI Provinsi Maluku kepada Ketua PWI Kabupaten Buru.


Diwaktu yang sama Alex Sariwating dalam sambutannya berharap, PWI Kabupaten Buru dapat menjalin kemitraan yang lebih baik dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru. Hal itu ia sampaikan pada pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Buru.


“Hari ini merupakan sejarah baru, satu-satunya srikandi yang menjadi Ketua PWI di wilayah Maluku, jadi saya ingin mengingatkan kepada Ketua PWI Kabupaten Buru agar menjalin kemitraan yang lebih baik dengan Pemerintah Kabupaten Buru,” kata Sariwating.


Dirinya juga meminta para wartawan di Kabupaten Buru untuk membuat berita yang baik dan benar.


“Saya mengingatkan, saat ini kita sudah memasuki tahun politik, seluruh pengurus PWI dilarang untuk berpolitik praktis, kalau mau jadi tim sukses silahkan mengundurkan diri dari PWI,” tegasnya.


“Sariwating juga berharap kepada PWI Kabupaten Buru agar dapat bekerja sama dengan Pemda dan aparat keamanan untuk menjaga stabilitas di Kabupaten Buru, karena kalau teman-teman PWI membuat berita yang tidak sesuai dengan fakta dan kenyataan, itu sangat berdampak negatif,” ungkapanya.


Sedangkan Penjabat Bupati Buru Djalaluddin Salampessy melalui Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Buru Arman Buton mengatakan, peran pers dalam pemerintahan sangat besar.


"Sebagai pilar keempat, kekuatan pers sangat luar biasa, karena dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat, untuk itu peran wartawan sangat berpengaruh terhadap perkembangan pembangunan khususnya di Kabupaten Buru, terutama perayaan dalam membangun bangsa melalui pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah," kata Arman mewakili sambutan Pj Bupati Buru pada Pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Buru, di Aula kantor Bupati, Namlea, Maluku, Jumat (27/10/2023).


Dirinya meminta kepada seluruh insan pers, namun lebih dikhususkan kepada Pengurus PWI Kabupaten Buru periode 2023-2026, agar dapat bekersama dengan Pemkab Buru untuk berkomitmen dalam membangun Kabupaten bertajuk Bupolo ini.


"Pada kesempatan berbahagia ini, kami mengajak seluruh insan pers yang berada di Kabupaten Buru, agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen untuk berperan dalam membangun bangsa dan negara, sekaligus meningkatkan ketaatan wartawan khususnya PWI Buru, pada kode etik jurnalistik, citra, kredibilitas dan integritas wartawan," pintahnya.


Ia mengungkapkan, dengan terbentuknya organisasi PWI sangatlah penting, untuk menjamin bahwa wartawan yang berada di bawah naungan PWI adalah wartawan yang benar-benar memahami kode etik jurnalistik, profesional, berkompeten serta dilindungi oleh undang-undang dan dewan pers.


"Kehadiran PWI hendaknya mengambil peran dalam memberikan edukasi serta pembinaan kepada wartawan, sehingga mereka memahami tentang aturan UU pers dan kode etik jurnalistik untuk kemudian menyuguhkan dan menyajikan informasi cerdas, berisi dan mendidik, dalam menyongsong industri disrupsi dan era milenial yang identik dengan sebutan 4.0, mengingat organisasi PWI merupakan salah satu sarana penyampaikan informasi, baik dari pemerintah ke masyarakat maupun sebaliknya di era transformasi media saat ini," pungkasnya.


Sumbang saran, kata Arman, dari para tokoh dan insan pers terhadap kebijakan pemerintah daerah dinilai sangat berharga, untuk modal pembangunan Kabupaten Buru.


Karena budaya sumbang saran tersebut diharapkan mampu terus ditumbuh kembangkan secara santun dan bijak, demi masa depan bersama, untuk membangun negeri dan mensejahterakan masyarakat.


"Kepada pengurus PWI Kabupaten Buru periode 2023-2026 yang baru dilantik, kami ucapkan selamat atas pelantikan dan selamat melaksanakan tugas serta amanah yang telah diberikan," harapnya.


Dalam prosesi pelantikan itu, Pengurus PWI Kabupaten Buru yang dilantik, diantaranya ; Ketua PWI Buru Asma Payapo, Wakil Ketua Bidang Organisasi M Syukur Ar Rusmanto Rada, Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Sarbin Kalidupa, Sekertaris PWI Buru Erens J. Tasidjawa, 

Sementara untuk Seksi-seksinya Wartawan Olahraga Sofyan Muhammadia Seksi Ekonomi dan Kesejahteraan Nuryani Bessy, Wartawan Pendidikan, Pariwisata, Senin Budaya Andi Papalia, Wartawan Hukum dan Keamanan Fajrin Nirwan S.Salawiwa, Wartawan Infrastruktur dan Migas Adam Suwedi, Wartawan Infrastruktur dan Perhubungan AM. Yusuf Warhangan.


Berikutnya, turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni PJ Bupati Buru yang mewakili Asisten III Arman Buton, Dandim 1506/ Namlea yang mewakili. Lettu Inf Yusrin Sanduan, Kapolres Buru AKBP Nur Rahman, Wadanki Kompi 3 Yon A Pelopor Ipda Pitman Barapa, Ketua DPRD Buru M. Rum Soplestuny, para Pimpinan OPD dan Instansi Vertikal lainnya. (*)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News