Close
Close

Tiga Penjabat Desa Di Bursel Segera Diganti

Namrole, Orasirakyat.com
Demi mengoptimalkan pembangunan dan pemberdayaan di desa yang ada di kabupaten Buru Selatan (Bursel), Bupati Bursel, Safitri Malik Soulisa akan mengganti 3 Penjabat desa.


Hal ini sesuai dengan pernyataan Kabag Pemerintahan Setda Bursel, M. Rivan Daties saat ditemui wartawan diruang kerjanya, Senin (4/9/2023).


"Itu ada tiga desa untuk sementara yang sudah selesai ditandatangani SKnya oleh Bupati," terang Daties.


Kendati SKnya sudah ditandatangani oleh Bupati, Daties enggan membeberkan desa mana-mana saja yang penjabatnya akan diganti.


"Untuk tiga penjabat desa ini tidak bisa kami sebutkan karena SK mereka belum dikirim. Artinya tidak etis jika kita sampaikan tetapi SK pergantiannya belum diberikan, nanti yang bersangkutan terima SK dulu dan sudah diganti baru tahu siapa yang diganti," ujarnya.


Lanjutnya, pergantian penjabat yang dilakukan Bupati Safitri adalah bagian dari tindakan penyelamatan pembangunan di desa. Dimana pembangunan di desa sangat berdampak langsung pada pembangunan daerah. Sehingga penjabat yang tidak loyal terhadap tugas dan tanggung jawabnya akan di evaluasi karena dipandang tidak mampu menerjemahkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati sampai ke masyarakat.


Untuk itu, diperlukan seorang pemimpin atau penjabat desa baru yang memiliki jiwa membangun, jiwa yang mencintai desa dan mampu melakukan pemberdayaan bagi masyarakat.


"Terjadi pergantian ini karena penjabat yang diberi kewenangan tidak bisa membawa perubahan dan memberi dampak positif bagi pembangunan di desa maupun hal-hal positif lainnya, maka dari itu mereka di evaluasi untuk diganti," tambahnya.


Ia membeberkan, untuk tiga Penjabat yang diganti itu berada di wilayah kecamatan Namrole dan Kecamatan Fena Fafan.


"Jadi tiga Penjabat ini mereka berada di wilayah kecamatan Namrole dan kecamatan Fena Fafan. Jadi tunggulah sampai SK itu dikantongi yang bersangkutan.  Kalau tidak salah hari ini sudah dibagikan SKnya," tutup Daties.


Sebelumnya, pergantian penjabat desa ini sudah disentil oleh Bupati Bursel, Safitri Malik Soulisa dalam kegiatan pembagian bantuan sosial dan bantuan perikanan di desa Leku, Kecamatan Namrole,  Jumat (1/9/2023).

"Tadi saya sudah menandatangani SK beberapa Penjabat Kades yang di ganti. Ada yang mulai dari pelantikan tidak ada di kampung dan macam-macam alasan. Hal seperti ini harus di hilangkan sehingga image masyarakat kepada Pemerintah sangat berkurang. Akhirnya masyarakat tidak mempercayai  pemerintah dan itu tidak bisa," tandasnya. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News