Close
Close

Panwascam Namrole Lantik 17 PKD

Namrole, Orasirakyat.com
Bawaslu Bursel melalui Panwas Kecamatan (Panwascam) melantik 17 anggota pengawas Kelurahan/ Desa (PKD) untuk 17 desa yang ada di Kecamatan Namrole, Senin (6/2/2023).


Pelantikan yang berlangsung di aula penginapan Sartika, Desa Labuang sesuai SK Nomor 02/Panwaslu-NM/II/2023 tentang Pengambilan Sumpah/ Janji dan Pelantikan pengawas kelurahan desa se kecamatan Namrole dalam Pemilu serentak tahun 2024.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu Bursel, Umar Alkatiri; Danramil Namrole, Kapten Inf. Idris Leurima; Camat Namrole, Kirman Solissa; Kapolsek Namrole yang diwakili Kanit Intel, Aiptu Edwin Tahapary; Tokoh Agama, Pimpinan dan anggota Panwascam, serta tamu undangan lainnya.



Ketua Panwascam Namrole, Raeham Solissa dalam sambutannya mengatakan bahwa PKD adalah instrumen pengawas tingkat desa yang secara hirarki bertanggung jawab kepada Bawaslu Kabupaten Bursel.


Kendati begitu, kata Solissa, PKD mempunyai peran penting dalam Pemilu dan merupakan ujung tobak bagi Panwascam maupun Bawaslu.


"Peran saudara-saudara sangat penting dan merupakan untuk tombak pengawasan ditingkat Desa. Kalian akan ikut menentukan kualitas Pemilu yang akan berlangsung nanti," ucap Solissa.


Atas nama Panwascam Namrole, Solissa mengucapkan selamat kepada anggota PKD yang baru saja dilantik. 


"Semoga saudara -saudara dapat menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik dan dalam melaksanakan tugas nanti, saudara - saudara harus lebih tegas dalam menjalankan tugas pengawasan agar pemilu tahun 2014 nanti menjadi pemilu yang berkualitas," harapnya.


Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Bursel, Umar Alkatiri dalam arahannya mengatakan

Pemilu nanti harus dijadikan sebagai spirit untuk mengedepankan kedaulatan rakyat terkhususnya di kabupaten Bursel.


Semua itu demi tercapainya suatu Pemilu yang baik dan berwibawa, dan bermartabat.


"Saya ingatkan pemilihan dapat terwujud dengan baik apabila kita memahami sungguh hak-hak politik individu yang ada di kabupaten Bursel. Saudara-saudara adalah penyelenggara maka wujudkan lah Pemilu yang berintegritas karena dengan begitu lahir juga pemimpin yang berintegritas," ungkapnya.


Ia berharap anggota PKD tetap independen, dan bertanggungjawab dalam menjalankan tugasnya sebagai lembaga pengawas di tingkat desa.


"Saya berharap kepada semua pihak mari kita wujudkan Pemilu yang berkualitas, berintegritas dan bisa berjalan dengan baik demi terwujudnya pembangunan Bursel yang lebih baik," tandasnya.


Sementara Camat Namrole, Kirman Solissa berharap PKD bisa melaksanakan tugas dan wewenangnya sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tidak diskriminatif serta mampu membangun komunikasi dengan pemerintah desa.



"Saya harap saudara-saudara bisa melaksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku dan yang terpenting kalian bisa mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran yang bisa saja terjadi dalam pemilu nanti. Jadilah pengawas yang profesional demi terwujudnya pemilu yang bermartabat," tandasnya.


Sekedar diketahui, PKD yang dilantik akan menjalankan tugasnya sampai Pemilu serentak tahun 2024 selesai.


Anggota PKD yang dilantik untuk Kecamatan Namrole adalah Asbah Soumena (Desa Oki Lama), Nasar Wance (Desa Oki Baru), Arsad Bahta (Tikbari), Sularto Mahu (desa Leku, Abdul Karim Seknun (Desa Wali), Haris S Malawat (Desa Masnana), Yohana Huliselan (Desa Labuang), Allan Hetharia (Desa Kamlanglale).


Kemudian, Harun Latuconsina (Desa Waenono), Sarif Lesbassa (Desa Elfule), Muamar Borut (Desa Fatmite) Dahmat Pattah (Desa Lektama), Elizabeth S Solissa (Desa Namrinat) Rahim Lattar (Desa Waefusi),  Hendrik Sigmarlatu (Desa Waenalut), Moksen Hukunala (Desa Wamkana) dan Ibrahim (Desa Batu Tulis).


Sementara pelantikan PKD 5 kecamatan lainnya juga telah dilaksanakan pelantikan serentak bersamaan dengan digelarnya pelantikan PKD se-kecamatan Namrole. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News