Close
Close
Orasi Rakyat News

Assagaf : PT. Pelni Ambon Siapkan 7 Kapal Perintis Untuk Pelayaran Antar Pulau



Ambon, Orasirakyat.com
Untuk melayani rute pelayaran Perintis di wilayah Maluku, Manajer Operasional PT. Pelni Cabang Ambon, Muhammad Assagaf, mengatakan bahwa Pelni telah menyiapkan 7 armada kapal Perintis.


7 kapal perintis tersebut ada yang Home Base di Ambon, ada yang di Saumlaki dan ada yang Home Base di Ternate.


"Yang Home Base Ambon itu kapal sabuk Nusantara 71, 87, 103, 106, 106, satu kapal perintis Home Base Saumlaki yaitu kapal sabuk Nusantara 72, dan satu kapal perintis lagi Home Base Ternate yaitu kapal sabuk Nusantara 105," ucap Manajer Operasional PT. Pelni Cabang Ambon, Muhammad Assagaf saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/8/2022).


“Kami menyiapkan tujuh armada kapal perintis untuk kepentingan masyarakat yang melakukan perjalanan pelayaran antar pulau di Provinsi Maluku,” sambungnya.

 

Assagaf mengungkapkan,  berdasarkan data PT. Pelni Cabang Ambon dalam tahun 2022 pada semester ini, khusus untuk pelayaran Perintis (domistik), belum ada peningkatan yang signifikan terkait jumlah penumpang antar pulau di Provinsi Maluku.


Lebih jauh dijelaskan, belum ada peningkatan disebabkan karena cuaca ektrim yang terjadi beberapa waktu belakangan ini. Di samping itu ada juga kapal putih yang melayani rute yang sama. 


Namun jika dipresentasikan, peningkatan jumlah penumpang pada pelayaran Perintis pada semester II ini sudah mencapai 100%.


“Memang beberapa waktu belakangan ini tidak ada peningkatan jumlah penumpang yang signifikan pada pelayaran Perintis, ini karena pengaruh kondisi cuaca ektrim dan ada juga kapal putih yang melayani rute yang sama," ungkapnya.


Assagaff menambahkan, mengenai persyaratan bagi pelayaran Perintis, calon penumpang tidak terlalu diperketat, namun tetap diwajibkan menunjukkan surat vaksin I dan II saja.


“Untuk pelayaran Perintis, tidak terlalu diperketat, namun tetap menunjukkan surat vaksin I dan II. Semua dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang akan melakukan perjalanan antar pulau di Provinsi Maluku,” katanya.


Sebagai anak asli Kota Ambon dan sebagai anak daerah, pihaknya akan berusaha membangun dan memajukan daerah asalnya ini dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.


"Ini tanggung jawab saya sebagai anak daerah. Akan kami berikan pelayanan secara maksimal, berkualitas dan terpercaya untuk itu kami menyediakan pelayan penjualan dan pembelian tiket degan menggunakan kartu Debit untuk menghindari terjadinya pungli," pungkasnya. (ZS)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News