Close
Close

Musrembang Kecamatan Waplau dan Waeapo, Ini 13 Pesan Bupati

Namlea, Orasirakyat.com
Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi menyampaikan 13 pesan penting saat berlangsung musrembang di tingkat kecamatan.


Pesan dalam sambutan tertulis Bupati Buru itu dibacakan Kepala Bappeda, M Najib Hentihu di Musrembang Kecamatan Waplau dan berlanjut di Kecamatan Waeapo, Senin (7/3/2022).


Pada hari yang sama kegiatan Musrembang juga dilaksanakan di Kecamatan Namlea dan Liliyali. Kegiatan ini akan dilanjutkan Rabu nanti di Kec.Teluk Kayeli, Batabual, Fenalisela dan Air Buaya.


Sedangkan Kecamatan Lolongguba dan Waelata akan melakukan Musrenbang Jumat nanti.


Babinsa Waplau, Serka M Wala yang memonitoring kegiatan Musrembang di Kec.Waplau melaporkan, dalam Musrembang ini ada beberapa usulan yang mengemuka, diantaranya pembangunan jalan aspal, pembuatan Landmark, pembangunan pagar SD Neg Alhilal Waplau 90 m × 140 m, pembangunan pagar SD Neg 8 Buru, pembangunan TK Neg Waplau, dan pengaspalan jalan baru Puskesmas Waplau.


Selain itu diusulkan pula pembangunan talud penahan air sungai, peningkatan lapangan sepak bola dan tribun,  pembangunan trotoar depan kantor camat Waplau, pembukaan jalan baru Waplau, pembuatan wisata tebing batu , pembangunan jalan produksi, pembangunan jalan usaha tani, jalan lingkar desa Wailihang, pembangunan pagar TK Neg Lamahang, Rehab gedung TK Neg Lamahang dan ada beberapa usulan program lainnya.


Sementara itu Najib Hentihu ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) RKPD Tahun 2023 di dua Kecamatan mengatakan,Pelaksanaan Musrenbang ini, sesuai amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, 

dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Ranperda Tentang RPJPD, RPJMD Serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD Dan RKPD.


Terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan pada tingkat kecamatan dan tingkat Desa, maka Najib menyampaikan amanat tertulis Bupati agar peserta perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Agar bekerjasama dengan MUSPIKA dalam rangka menciptakan ketentraman dan ketertiban di masyarakat.


2. Mendukung pelaksanaan Vaksinasi serta penerapan Protokol Kesehatan di tingkat Kecamatan serta monitor bantuan BLT di desa.


3. Agar bekerjasama dengan TNI dan POLRI untuk Penertiban minuman keras dan Narkoba.


4. Mengkoordinasikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa bagi desa yang pemilihan di tahun 2022.


5. Monitoring pelaksanaan penyusunan RKPDes agar program/kegiatan desa dapat mendukung prioritas Kabupaten.


6. Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan di Desa agar berjalan dengan baik.


7. Pembinaan akhlak melalui pembinaan kepada seluruh pengasuh TPQ pada seluruh desa dan dusun di wilayah Kecamatan.


8. Agar Pelaksanaan APBDes untuk mendukung prioritas Nasional, dan Kabupaten.


9. Agar Pelaksanaan APBDes agar selalu berpedoman pada aturan yang berlaku.


10. Peningkatan SDM dan Kelembagaan BUMDes.

11. Menjaga Kebersihan lingkungan dengan Gerakan Bebas Sampah.


12. Dilarang menebang hutan pada kawasan wisata serta menjaga Satwa yang dilindungi pada kasawan wisata;


13. Alokasi anggaran untuk program pemberdayaan masyarakat desa pada APBDes untuk pemulihan ekonomi masyarakat.

Ramly Umasugi juga  menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para camat, Muspika Kecamatan, para kepala desa, para ketua BPD serta seluruh komponen yang telah berpartisipasi dalam pembangunan selama kepemimpinannya selaku Bupati, karena di tahun ini pula, pelaksanaan RPJMD akan berakhir disertai dengan berakhirnya masa tugasnya.


Jika terdapat target pembangunan yang belum selesai, maka akan dilanjutkan melalui Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026. 


"Selanjutnya dari tempat ini pula saya mengucapkan terima kasih kepada Saudara-saudari yang telah mengikuti dengan seksama kegiatan Musrenbang ini hingga akhir nanti, semoga proses perencanaan berjalan dengan aman dan lancar serta menghasilkan rencana pembangunan yang lebih baik," tutup Bupati dalam  amanat tertulisnya. (LTO)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News