Close
Close
close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Layak Jadi Contoh, Kades Batu Layar Bangun Tambatan Perahu 75 M Dengan DD


Namrole, Orasirakyat.com
Disaat semua Kepala desa di Buru Selatan (Bursel) disoroti terkait dugaan penyelewengan dana desa, namun ada kepala desa yang patut mendapat apresiasi dan pujian karena niat dan kinerjanya dalam membangun desa.


Kepala Desa yang patut di apresiasi adalah Kepala Desa Batu Layar, Kecamatan Kepala Madan, Kabupaten Bursel, Iswani Buton. Dimana karena keberaniannya, Iswandi Buton mampu membangun Tambatan Perahu sepanjang 75 meter, lebar 5 meter dan tinggi 4 meter menggunakan Dana Desa.


Kendati diragukan dan disangsikan oleh sejumlah pihak  terkait pembuatan tambatan perahu ini, namun hasil dari kerja keras dan niatnya, Iswani Buton sukses membangun tambatan perahu tersebut dan kini hanya menunggu proses peresmian.


Kades kepada wartawan di Namrole, Jumat (18/2/22) mengaku niat membangun tambatan perahu tersebut berawal dari lokasi desanya yang kesulitan mendaratkan Jomson maupun perahu diwaktu musim gelombang.

Sebab di musim gelombang itu, banyak masyarakat yang menjadi korban saat akan melakukan persinggahan di desa mereka. Bahkan kerugian tidak tanggung - tanggung bisa mecapai puluhan juta jika terjadi kecelakaan laut.


"Dari situlah saya bertekad membangun, ini juga demi kepentingan dan keselamatan masyarakat bersama," ucapnya.


Ia menjelaskan, dalam pembangunan tambatan perahu dengan ketinggian 4 meter ini telah menghabiskan anggaran sebanyak Rp. 794.411.000. Dimana dana tersebut bersumber dari anggaran dana desa tahun 2021.


"Anggaran pembangunannya selama satu tahun dengan memperkerjakan masyarakat yang diberi upah. Jadi tidak ada swadaya semua yang terlibat kerja dari menyiapkan bahan sampai pemasangan cincin dan pengecoran lantai di beri upah," terangnya. 


Ia menerangkan, dalam pembangunan tambatan perahu yang diberi nama Silomata itu telah menghabiskan semen lebih dari 2000 Sak. 


"Ini kan menggunakan cincin dengan campuran semen yamg kuat, sehingga dalam pembangunannya sudah menghabiskan semen lebih dari 2000 sak. Disini kami sudah memberdayakan masyarakat" paparnya.

Diketahui, tak hanya pembangunan tambatan perahu saja yang mejadi andalan pembangunan Kades Iswani Buton, namun jalan setapak sepanjang 800 meter juga telah dibangun oleh dirinya.


Iswandi juga telah menciptakan lapangan kerja dengan menghadirkan mesin penjepit Kasbi (singkong) bagi masyarakat. Hasil dari usaha ini, sudah dijual hampir ke seluruh pasar di kabupaten Bursel.


Program dan kerja Kades Batu Layar ini, wajib di contohi oleh semua kades di kabupaten Bursel. (OR/AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Post a Comment

Previous Post Next Post