Close
Close

BPBD Bursel Serahkan Bantuan Dana Stimulan dan Sembako Bagi Korban Bencana

Namrole, Orasirakyat.com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru Selatan (Bursel) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyerahkan sejumlah bantuan dana stimulan maupun sembako untuk masyarakat Bursel yang terdampak bencana.


Pemberian bantuan Dana Stimulan dan Sembako ini di peruntukan bagi mereka yang terdata sesuai dengan surat yang masuk ke BPBD Bursel.

Acara penyaluran bantuan tersebut berlangsung di Aula Kantor Kemenag kabupaten setempat, Sabtu (15/6/2024).


Bupati Bursel, Hj. Safitri Malik Soulisa dalam sambutannya yang di bacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Bursel, Ruslan Makatitta mengatakan semoga dengan penyerahan dana stimulan dan sembako bisa sedikit meringankan beban masyarakat yang terkena musibah.


"Pemberian dana stimulan dan sembako bagi masyarakat yang terkena dampak bencana ini dengan harapan dapat menjadi berkah bagi bapak ibu yang terkena dampak bencana di daerah ini," ujar Makatitta.


Dikesempatan itu, ia berpesan kepada BPBD Bursel untuk siaga dan tanggap serta responsif dalam menanggulangi keluhan masyarakat Bursel.


"Bencana adalah musibah yang datangnya tidak terduga, untuk itu saya berpesan kepada BPBD untuk tetap siaga, antisipatif, responsif dan adaptif sehingga kita mampu memperkecil resiko bencana bagi masyarakat yang ada di kabupaten Bursel," tandasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Bursel, Hadi Longa mengaku pemberian bantuan ini diperuntukan bagi masyarakat yang terkena bencana pada tahun 2023 dan 2024.


"Penyerahan dana stimulan dan pemberian sembako kali ini bagi masyarakat korban pasca bencana tahun 2023 dan 2024," ucap Longa.


Longa yang juga menjabat sebagai Assisten II Setda Bursel ini menyebut, untuk penyerahan dana stimulan bagi masyarakat ada tiga kategori yakni kategori rumah rusak berat, rumah rusak sedang dan kategori rumah rusak ringan.


"Kalau rumah yang rusak berat itu Rp.30 juta ada 9 rumah, rusak sedang itu Rp. 15 juta ada 11 rumah, dan rusak ringan ada Rp. 10 juta ada 26 rumah, totalnya ada 46 rumah," rincinya.


Sementara untuk penerimaan sembako, Longa mengaku ada 12 kepala keluarga yang tersebar di dua desa di kecamatan Namrole.


"Untuk sembako ada 12 keluarga dari dua desa yaitu desa Kamlanglale dan desa Elfule di kecamatan Namrole," tutupnya. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News