Close
Close

Target Head to Head, AHWA Mulai Ambil Formulir Pendaftaran Di Parpol

Namrole, Orasirakyat.com
Persaingan perebutan rekomendasi Partai Politik (Parpol) sebagai tiket untuk melaju menjadi calon kepala daerah dalam Pilkada di kabupaten Buru Selatan (Bursel) semakin ramai. 


Setelah beberapa waktu lalu sejumlah Bakal Calon (Balon) mengambil formulir di beberapa partai, kini giliran Balon Bupati, Abdul Haris Wally atau yang lebih akrab disapa AHWA mengutus tim penghubungnya untuk mengambil formulir di sejumlah partai pada Senin (22/04/2024).


Kepada wartawan, Liaison Officer (LO) Balon Bupati AHWA, Sunardi Gura mengaku, hari ini pihaknya di utus mengambil formulir di tiga partai politik. Tiga partai politik itu yakni, PAN, PKB dan Demokrat.


"Hari ini kami diperintah untuk mengambil formulir di PKB, PAN dan Partai Demokrat selanjutnya kita akan menyasar partai yang lain," ucap Sunardi, Senin (22/4/2024) di Namrole.


Ia menyebut, pengambilan formulir pendaftaran ini akan menyasar semua partai karena target kandidatnya untuk Head to Head dengan petahana.


"Terkait dengan rekomendasi partai kami ikut skema nasional dan di Bursel semua partai AHWA akan mendaftar, kami akan belanja dan hanya satu partai saja yang tidak karena targetnya Head to Head," bebernya.

Sunardi menjelaskan, beberapa partai yang telah diambil formulir pendaftarannya akan dikembalikan sendiri oleh Calon Bupati AHWA.


"Nanti Bupati AHWA yang akan kembalikan sendiri untuk beberapa partai politik yang lainnya kita sesuaikan," jelasnya.


Disingung terkait pasangan Calon Wakil Bupati untuk mendampingi AHWA, Sunardi langsung mengungkapkan kriteria calon wakil bupati di antaranya harus Kristen dan asli anak adat Buru.


"Bulan Mei akan ada lembaga survey untuk menentukan wakil pendamping namun yang pasti kriteria wakil itu harus ada perimbangan yakni beragama kristen, hasil survey elektabilitasnya tinggi dan harus asli anak adat Buru," terangnya.


"Kalalu semua unsur itu memenuhi dan sudah ada nama calon wakil maka tidak menutup kemungkinan kita akan daftar paket bupati dan wakil bupati secara bersamaan," sambungnya.


Lebih jauh Sunardi menjelaskan, tak hanya partai dengan Seat, partai non seat juga sudah menjadi incaran dari calon bupati muda yang bersahaja ini.

Bahkan, ia membeberkan bahwa kekuatan yang menopang AHWA bukan saja dari akar rumput, namun kekuatan pemain-pemain besar Jakarta juga menjadi background penopang.


"Jadi bukan partai dengan seat saja tapi partai nonseat juga lagi on proses seperti Gerindra, PSI dan Hanura. Intinya kita ikut arahan peta nasional dan arahan nasional seperti itu," tandasnya.


Sekedar diketahui, saat ini ada kandidat yang telah mengambil formulir pendaftaran di partai politik baik untuk calon Bupati maupun calon wakil bupati.


Mereka yang diketahui telah mengambil formulir yakni, Balon Bupati, Abdul Hamid Souwakil; Balon Bupati Safitri Malik Soulisa, Balon Bupati Lutfy Sanaky dan Balon Bupati Ibrahim Banda. Sementara untuk Balon Wakil Bupati ada Sami Latbual dan Hempri Beno Lesnussa, Awat Sigmarlatu dan Anselany Seleky. Sedangkan petahana Wakil Bupati Bursel, Gerson Eliaser Selsily belum terdeteksi mengambil formulir. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News