Close
Close

2 Peleton Polisi Akan Amankan Jumat Agung dan Paskah Di Bursel

Namrole, Orasirakyat.com
Guna memberikan rasa aman dan nyaman untuk umat Kristen dalam merayakan Jumat Agung dang Paskah tahun 2024, Polres Bursel menggerakkan dua (2) Peleton Personilnya untuk mengamankan 17 Gereja yang ada di Bursel.


"Sebentar ini ada agenda-agenda ibadah umat Kristen jelang Jumat Agung dan Paskah sudah digelar. Agenda itu seperti Kamis Putih yang digelar Umat Katolik dan kita dari Polres Bursel diberi tanggung jawab mengamankan 17 gereja," ucap Kabag Ops Polres Bursel, AKP. Obednego Remialy kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (28/3/2024).


Ia menyebut, 17 gereja itu mulai dari Kecamatan Namrole, Kecamatan Leksula dan Kecamatan Kepala Madan serta kecamatan Waesama.


"Kita ditugaskan untuk mengamankan itu dan kekuatan untuk pengamanan kurang lebih dua peleton," terangnya.


Mantan Kapolsek Namrole ini mengaku, bentuk pengamanannya sama dengan yang pernah dilakukan sebelum-sebelumnya seperti penempatan personil untuk berjaga di lokasi gereja.


"Jadi sebelum ibadah dimulai kita sudah berada di sana untuk memastikan tempat ibadah itu aman dan pada saat ibadah berlangsung ada anggota yang berjaga-jaga serta ada yang akan patroli dan mobile ke lokasi-lokasi di kota Namrole yang di anggap rawan," kata Remialy.


Untuk personil yang menetap di lokasi ibadah sendiri menurut Remialy ada empat sampai lima personil yang akan tetap stundby.


Sementara untuk pengamanan objek vital seperti listrik dan jaringan signal, Remialy mengaku hal itu sudah menjadi atensi khusus dan pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait sehingga tidak terjadi gangguan - gangguan disaat perayaan ibadah sedang berlangsung.


"Kit sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak seperti PLN dan Telkom untuk objek vital seperti listrik dan signal itu agar tetap aman dan tidak gangguan sehingga ibadah Jumat Agung dan perayaan Paskah yang dilakukan itu tidak terganggu," bebernya.


Remialy menjelaskan, untuk objek vital tersebut bukan saja di koordinasikan untuk perayaan Jumat Agung dan Paskah akan tetapi sudah di koordinasikan juga sebelumnya mengingat saat ini umat muslim sementara menjalankan ibadah puasa dan nantinya akan ada pada puncaknya di hari raya Idul Fitri. 


"Segala sesuatu  perlu di antisipasi, seperti listrik dan juga jaringan telekomunikasi maka sudah kita koordinasikan," paparnya.


Pihaknya menghimbau agar semua masyarakat Bursel bisa menjaga keamanan dan ketertiban di bulan suci ini yang mana ada peristiwa lintas agama yang terjadi yakni Ibadah Puasa, Jumat Agung, Paskah dan hari raya Idul Fitri.


"Sebelumnya kami berterima kasih kepada masyarakat karena Pemilu kemarin itu aman dan sekarang bertepatan dengan bulan puasa ada juga Jumat Agung dan Paskah kemudian tidak lama lagi kita akan merayakan Idul Fitri, maka kami menghimbau masyarakat untuk menjaga stabilitas keamanan di lingkungannya masing-masing dan tidak mudah terprovokasi dengan informasi-informasi yang belum pasti kebenarannya," tandas Remialy. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News