Close
Close

Pangdam Minta TNI AD di Bursel Jaga Netralitas

Namrole,Orasirakyat.com - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) diminta untuk menjaga netralitas. 


Permintaan itu disampaikan Panglima Kodam (Pangdam) XVI Pattimura Mayor Jenderal ( Mayjen ) TNI  Syafrial ini, bukan tanpa sebab, mengingat perhelatan Pemilihan Umun (Pemilu) serentak Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024, yang akan di laksanakan secara serentak pada 14 Februari 2024 mendatang. 


"Saya ingin netralitas TNI merupakan harga mati, di situasi politik di tahun pemilu ini. Saya ingatkan selalu kepada prajurit, sebagai unsur keamanan dan pertahanan yang ada di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) harus menjaga netralitas itu dan menjaga keberlangsungan proses demokrasi sehingga bisa berjalan dengan baik, " Ujar Pangdam XVI Pattimura ini, kepada awak media, Senin 8 Januari 2024, seusai melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kompi Senapan D 731 Namrole. 


Pada kesempatan yang sama juga, Sarjana terapan pertahanan ini menyebut dirinya  melakukan Kunker ke Kabupaten Bursel, dengan tujuan mensosialisasikan program kerja yang sudah di siapkan di tahun 2023 hingga 2024.


"Sebagai Pangdam yang baru, saya ingin, program yang telah di siapkan dari 2023 hingga 2024, dapat betul-betul sampai hingga prajurit terbawah," ujar Syafrial. 


Orang nomor satu di Makodam XVI Pattimura ini tak lupa berterima kasih untuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang telah membantu prajurit yang ada di Kabupaten Bursel ini. 


"Harapan saya, kepada prajurit dan pimpinan yang ada, bahwa kerja sama yang selama ini terjalin dengan baik, harus kita pertahankan, kita tingkatkan. Dan Kita harus bersinergi, TNI /Polri dengan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) dan stake holder yang lain, menjaga stabilitas dan membangun negeri ini secara bersama-sama, sehingga masyarakat Bursel semakin maju dan ekonomi semakin membaik," katanya.

Tak lupa juga pria dengan dua bintang di pundak ini berterima kasih kepada Bupati Bursel Safitri Malik Soulisa. Dimana, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bursel telah menyiapkan lahan bagi pembangunan Komando Distrik Militer (Kodim) di Bursel.


" Saya juga berterima kasih kepada Bupati, yang telah menyiapkan lahan bagi pembangunan kodim di maksud, mengingat di Bursel masih ada Komando Rayon Militer (Koramil) ke depan akan ada Kodim. Itu semua, masih dalam proses bertahap, " tutur Syafrial. 


Sebelum kembali bertolak ke Kabupaten Buru dengan menggunakan pesawat casa 212 TNI AD, Pangdam meluangkan waktu bersama rombongan di dampingi Bupati Bursel Safitri Malik Soulisa, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bursel Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) M Agung Gumilar, Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Bursel Ruslan Makatita, Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR) Bursel Lukman Soulisa, meninjau lokasi pembangunan Kodim Bursel, yang berlokasi di Kilometer 4, Namrole. 

Terpantau, rombongan Pangdam XVI / Pattimura,  Mayjen TNI. Syafrial hadir bersama dengan Ketua Persit Kartika Candra Kirana XVI/Pattimura Shinta Syafrial, Asisten Operasi Kepala Staf Komando Daerah Militer  ( As ops Kasdam XVI /Pattinura Kolonel Inf Mulliadi, Asisten Personalia (Aspers kasdam XVI / Pattimura,  kolonel inf. Fajar Tri Yulianto, Asisten teritorial (Aster) kasdam XVI / Pattimura, ( Kolonel inf. Hasandi Lubis, Kepala Staf Administrasi (Kasmin) pangdam XVI / Pattimura, Mayor Chb Rahmad Kurniawan  dan anggota Penerangan Kodam (Pendam) Prajurit Satu (Pratu ) Dayat. (Tim)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News