Close
Close

Satgas UPP Saber Pungli Bursel Sosialisasi Cegah Pungutan Liar

Namrole, Orasirakyat.com
Satgas Unit Pemberantasan Pungutan (UPP) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polres Bursel menggelar sosialisasi dalam rangka pencegahan pungutan liar di Desa Waekatin, Kecamatan Fena Fafan dan Desa Leksula, Kecamatan Leksula, Selasa (21/11/2023).


Tim Satgas Pokja Pencegahan UPP Saber Pungli Kabupaten Bursel yang diketuai Wakapolres Bursel Kompol Noovy E A Sapulette dalam sosialisasi menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini rutin dilaksanakan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bursel, termasuk kecamatan serta pelayanan publik yang berada didalamnya.


Ketua UPP Saber Pungli ini menegaskan bahwa Saber Pungli memiliki tugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien.


"Pada prinsipnya setiap sosialisasi di kecamatan, kami berharap agar Kabupaten Bursel bebas pungutan liar (pungli) dan juga dapat menyelenggarakan pelayanan publik yang maksimal dan terwujud secara prima. Patut disyukuri sejauh ini para kepala desa merespon semuanya dan kegiatan berjalan dengan baik,” ujar Kompol Noovy E A Sapulette.

Mengenai pungli dalam pelayanan publik, lanjutnya, dapat dicegah melalui pengawasan yang dilakukan oleh pimpinan pelaksana. Tentunya untuk meningkatkan integritas serta profesionalitas petugas di lapangan agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang atau menyalahi prosedur/ketentuan yang sudah ditetapkan.


"Kuncinya dalam pelaksanaan pelayanan publik yang baik dan maksimal, tentunya perlu pengawasan dari masing-masing user yang ada, kalau di tingkat kecamatan oleh sub koordinator yang ada," tambahnya.


Sementara itu, Camat Fena Fafan, Isack Solissa dalam sambutannya sekaligus membuka acara sosialisasi, mengapresiasi hadirnya tim Satgas UPP Saber Pungli Kabupaten Bursel dalam kegiatan Sosialisasi kali ini.


Menurutnya, materi yang disampaikan dapat meningkatkan pengetahuan serta kualitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di Kecamatan Fena Fafan agar lebih baik dan lebih berhati-hati lagi.


"Tentunya,  menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mencegah dan memberantas terjadinya praktik pungli tersebut. Informasi yang kami dapatkan hari ini menjadi panduan untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat, juga menjauhkan stigma negatif bahwa pelayanan di Kecamatan itu sulit," katanya.


Turut hadir dalam kegiatan Sosialisasi Saber Pungli di Desa Waekatin kecamatan Fena Fafan antara lain Wakapolres Bursel Kompol Noovy E.A Sapulette, Pejabat/Plt Kepala Desa se-kecamatan Fena Fafan dan Para Kepala Sekolah SD/SMP/SMA Se-kecamatan Fena Fafan


Kegiatan ini menghadirkan narasumber yakni,  Camat Fena Fafan, Isack Solissa; Kasubag Perencanaan Inspektorat, Jafar, SD; P2 Upd Inspektorat, Marles Hukunala, SH; Kasubbag Keuangan Inspektorat Kabupaten Bursel, Dahlan Namkatu.


Setelah melakukan sosialisasi di Desa Waekatin Kecamatan Fena Fafan pada pukul 13.10 WIT, Team menuju ke desa Tifu, Kec. Leksula, Kabupaten Bursel dengan mobil, kemudian team menuju ke Desa Leksula menggunakan speed boat. 


Setelah tiba di Leksula team menuju ke Kantor Camat Leksula dimana para undangan telah hadir untuk kegiatan sosialisasi Saber Pungli dimaksud.

Dalam sambutannya, Sekcam Leksula, Mulyana Ambo, S.Sos membacakan amanat Bupati Bursel sekaligus membuka acara sosialisasi, kemudian dilanjutkan dengan materi sosialisasi oleh Waka Polres Buru Selatan Kompol Noovy E.A Sapulette selaku ketua UPP Saber Pungli Kabupaten Buru Selatan, yang memberikan sosialisasi mengenai Perpres nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau yang disingkat Satgas Saber Pungli, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Inspektur Kabupaten Buru Selatan Drs. Ismed Thio, MT dan PPUPD Inspektorat Kabupaten Buru Selatan Marles Hukunala, SH.  Acara tersebut dipandu oleh Moderator Halek Hamid.


Selain Wakapolres, turut hadir dalam acara tersebut sebagai narasumber, Ketua UPP Satgas Saber Pungli Kabupaten Bursel selaku narasumber, Drs. Ismed Thio, MT, Inspektur Kabupaten Bursel, Sekcam Kecamatan Leksula Mulyana Ambo, S.Sos, Marles Hukunala, SH, PPUPD Inspektorat Kabupaten Bursel, Halik Hamid selaku moderator dan tamu undangan lainnya. (Rls/red)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News