Close
Close

Desa Masnana Terima Penghargaan Proklim Kementerian KLHK, Bupati Safitri Bangga

Namrole, Orasirakyat.com 
- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI Siti Nurbaya memberikan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) kepada Desa Masnana di Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Maluku Tahun 2023.

Penghargaan ini diberikan kepada Desa Masnana sebagai salah satu Desa di Bursel yang telah berkontribusi nyata mengendalikan perubahan iklim dan kebersihan di Desa. Pemberian penghargaan ini dilakukan melalui Dinas LH Bursel yang saat ini dipimpin oleh H. Samsul Sampulawa.


Bupati Bursel, Hj Safitri Malik Soulisa didampingi Kadis LH Bursel H. Samsul Sampulawa mewakili Kementrian LH RI  menyerahkan langsung penghargaan kepada Pemerintah Desa Masnana disaksikan oleh seluruh warga setempat, Senin (13/11/2023)


Bupati Safitri Malik Soulisa Bursel mengatakan rasa senang dan bangga karena Desa Masnana menjadi salah satu Desa di Bursel yang telah menjalankan program proklin dalam menjaga ekosistem yang berkelanjutan.


“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dalam pelaksanaan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dari Kementerian Lingkungan Hidup kepada Desa Masnana. Semoga desa – desa yang ada di Bursel di tahun 2024 dapat mengikuti jejak Desa Masnana dalam menjalankan program Proklim,” ucap Safitri.


Bupati perempuan pertama di Maluku ini juga mengungkapkan program yang dikelola Kementerian LHK itu sebagai gerakan nasional pengendalian perubahan iklim, sekaligus salah satu agenda prioritas dunia untuk menyelamatkan kehidupan bumi.


"Program ini sangat penting, olehnya itu dibutuhkan sinergitas semua komponen dan partisipasi aktif Masyarakat untuk melakukan aksi adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim secara suka rela karena Bursel sangat rawan bencana saat musim penghujan,”tandas Safitri Bupati Perempuan Pertama di Maluku ini.


Sebelumnya Kadis LH Bursel Samsul Sampulawa mengatakan, penyerahan penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan dari KLHK bagi pemerintah Desa bersama Pemerintah daerah yang berkomitmen mendukung aksi adaptasi mitigasi perubahan iklim.


Ia menuturkan upaya ini untuk menciptakan lingkungan hidup yang asri dan kondusif khususnya di Bursel.


“Semoga Desa yang ada di Bursel bisa mencotohi Desa Masnana dalam pelaksanaan program Proklim di tahun depan,” harapannya.


Menutup penyampaiannya, ia menyebut Desa Masnana mendapatkan penghargaan Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini kategori Proklim Utama di tingkat Kabupaten pada tahun 2023.


“Kami dari Dinas LH Bursel pada tahun 2023 telah melakukan sosialiasi program Proklim kepada masyrakat di Bursel yakni Kecamatan Namrole, Waesama Dan Leksula. Di Tahun 2024 nanti pihak Dinas LH akan menggelar sosialiasi di Kecamatan Ambalau, Fena – Fafan dan Kepala Madan,” tandasnya. 


Hadir dalam kegiatan tersebut, selain Bupati dan Kadis Lingkungan Hidup. Turut hadir juga  Asisten I Setda Bursel, Ruslan Makatita, perwakilan Polres Bursel, Tim Percepatan Daerah, Para Camat di Kecamatan Namrole, Waesama, Kepala Desa dan undangan lainnya. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News