Close
Close

Pemda Bursel Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Namrole, Orasirakyat.com
Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, Minggu (1/10/2023), Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggelar upacara di halaman kantor Bupati Bursel. 


Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Bupati Bursel, Gerson Eliaser Selsily yang turut dihadiri oleh Pimpinan OPD dan sejumlah pegawai di lingkup Pemkab Bursel. Turut hadir juga TNI Polri.


Secara seremonial, upacara diawali dengan laporan komandan Upacara, Iptu Rusmn Aufat kepada Inspektur Upacara. Dilanjutkan dengan penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara yang dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.


"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan para pejuang-pejuang bangsa terutama para Pahlawan Revolusi yang melahirkan Pancasila, mengheningkan cipta dimulai," kata Selsily.


Setelah mengheningkan cipta, prosesi upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara yang ditirukan oleh seluruh peserta. Berikut, pembacaan teks Pembukaan UUD 1945, pembacaan ikrar oleh Ketua DPRD Bursel, Muhajir Bahta dan ditutup dengan pembacaan doa.

Selain diikuti oleh Sekretaris Daerah Umar Mahulette, Asisten, Staf Ahli dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bursel, upacara juga dihadiri oleh Ketua DPRD, dan Ibu-ibu Dharma Wanita.


Upacara peringati hari Kesaktian Pancasila dengan tema : "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju" berlangsung khidmat dibawah kerja keras Dinas Pendidikan Bursel yang saat ini dipimpin oleh M. Ali Solissa selaku panitia.


Sementara itu, di waktu yang sama, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya Jakarta.


Bertindak sebagai petugas pembaca teks Pancasila, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti. Sedangkan, naskah Undang-Undang Dasar Negara RI 1945 dibacakan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Pembacaan dan penandatanganan ikrar dilakukan oleh Ketua DPR Puan Maharani.


Rangkaian upacara kemudian ditutup dengan doa yang dibawakan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Seusai upacara, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin kemudian meninjau sumur lubang buaya dan sejumlah bangunan bersejarah lainnya sebagai bentuk penghargaan bagi jasa-jasa para pahlawan. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News