Close
Close

111 Calon Jamaah Haji SBT Diberangkatkan

SBT, Orasirakyat.com 
Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Idris Rumalutur,  melepas 111 Jama'ah Calon Haji asal Kabupaten SBT pada musim Haji Tahun 1444 H / 2023 M. Kegiatan tersebut dipusatkan di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan Kabupaten SBT, pada Selasa (13/6/2023). 


Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kabupaten SBT, Basri Rumatiga dalam laporannya mengatakan, Pelaksanaan Ibadah Haji yang di laksanakan harus di kelola dengan mengutamakan kepentingan jama’ah agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan aman dan lancar. Kabag Kesra Kabupaten SBT itu menyebutkan, Jama’ah calon haji Kabupaten SBT berjumlah 111 orang yang telah melakukan pelunasan dan siap untuk diberangkatkan dalam melasankan ibadah haji.


"111 orang jamaah calon haji tahun 2023 yang akan di berangkatkan antara lain jama’ah calon haji laki-laki berjumlah 48, sementara kategori jama’ah calon haji perempuan sebanyak 63 orang," Ucap Rumatiga.


Sambutan Bupati SBT yang di bacakan Wakil Bupati SBT, Idris Rumalutur menjelaskan, Jama’ah calon haji akan menunaikan ibadah yang sangat mulia, ibadah yang tidak semua umat islam di berikan kesempatan untuk menjalankannya yaitu ibadah haji. pelaksanaan ibadah haji merupakan  kesempatan bagi seseorang yang sangat terbatas, dikarenakan umat islam dalam melaksanakan ibadah haji jauh lebih besar dari pada kouta yang di berikan.



“Banyak yang diantara kita meskipun mampu dan memenuhi syarat bahkan mendaftar tetapi tahun ini belum dapat menunaikan rukun islam yang kelima tersebut,” kata Bupati dalam sambutannya yang di bacakan Wakil Bupati, Idris Rumalutur.


Selain itu, kepada petugas yang mendampingi jemaah haji agar selalu memantau dan memeriksa keadaan jemaah yang berusia lanjut serta berpesan kepada jama'ah haji Kabupaten SBT agar selalu menjaga kekompakan antar satu sama lainnya, baik antar jama'ah dalam daerah maupun luar daerah dan juga menjaga kesehatan selama beribadah di tanah suci.


Sementara Kepala Kemenag SBT, H. Muhammad Jen Tepinalan dalam sambutannya mengingatkan jama'ah haji dalam melaksanakan ibadah haji bukan karena di dorong oleh hal-hal yang sifatnya tidak di inginkan seperti ingin di puji antar sesama atau mencari harta kekayaan. Tetapi pelaksanaan ibadah haji menurut Tepinalan karena didorong oleh iman dan rasa takwa kepada Allah SWT.


“Pelaksanaan ini di dorong karena Allah SWT, atas kelimpahan rezki yang mengikat kepada kita semoga bapak-bapak dan ibu-ibu dalam menunaikan ibadah haji ini selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat di halaman kampung Bapak Ibu sekalian,” kata Tepinalan


Turut hadir, Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur, Ketua Tim Penggerak PKK SBT Ny. Yulia Misa Keliobas, Pimpinan dan Anggota DPRD SBT, Kapal Kantor Kemenag SBT, Perwakilan Polres SBT, Perwakilan Dandim, Pimpinan OPD Lingkup SBT, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Keluarga yang ikut mengantarkan Jemaah Calon Haji.(FS)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News