Close
Close

Kapolsek Namlea Gelar Jumat Curhat Bersama Warga Desa Persiapan Marloso

Namlea, Orasirakyat.com
Guna mendengar langsung keluhan dari masyarakat yang berada di wilayah hukum Polsek Namlea salah satunya desa Persiapan Marloso, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, maka Kapolsek Namlea, IPTU Dede Samsi Rifai, menggelar jumat Curhat.


Kegiatan ini berlangsung di Kantor Desa Persiapan Marloso, Jumat (26/5/2023) pukul 09.00 WIT.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Namlea, IPTU Dede Samsi Rifai; Kanit Binmas Polsek Namlea, Bripka Sahril Suradji; Staf Binmas Polsek Namlea, Briptu Komeni Assagaf; Babinkamtibmas Desa Marloso, Aipda Husen Kaimudin; Babinkamtibmas Desa Jamilu, Aipda Reggy Pelupessy; Ketua BPD, Ramli Rumbia; Kepala Desa Persiapan Desa Marloso, La Mane Buton; Ketua RW 02 Persiapan Desa Marloso, Ali Biratu; Keta RW 03, Rian; Ketua RT 03, Anaria, Ketua RT 04, Abas; Staf Desa Marloso, Muhammad Goa beserta masyarakat des Persiapan Marloso.

Kapolsek Namlea, Iptu Dede Samsi Rifai kepada wartawan mengatakan bahwa kegiatan Jumat curhat yang digelar adalah bagian dari cara Polsek Namlea untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, sekaligus mendengarkan keluh kesah mereka.


"Kegiatan Jumat Curhat dilaksanakan bertujuan agar pihak kepolisian khususnya Polsek Namlea dan masyarakat Persiapan Desa Marloso dapat saling mengenal lebih dekat sekaligus mendengarkan langsung keluh kesah serta persolaan - persoalan yang ada di tengah-tengah masyarakat sehingga dapat menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di tengah-tengah Masyarakat," terangnya.


Ia mengatakan, dirinya bersama sejumlah personil Polsek Namlea datang ke Desa Persiapan Marloso disebabkan karena pihaknya ingin mengetahui secara langsung apa yang menjadi permasalahan atau persoalan - persoalan di desa tersebut. 


IPTU Dede menuturkan, di dalam desa ada yang namanya perangkat desa, ada ketua RW, ada Babinsa, ada Bhabinkamtibmas, sehingga setiap ada masalah yang terjadi di desa sekecil apapun itu, kalau bisa di selesaikan di desa silakan diselesaikan.


"Kenapa Harus di selesaikan di Polsek dan Polres. Jadi saya harap setiap permasalahan yang terjadi di desa segera berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dahulu sehingga Bhabinkamtibmas dengan perangkat desa lain bisa menyelesaikan permasalahan tersebut sebelum di lanjutkan ke tingkat selanjutnya," ucapnya.


Dede juga mengajak generasi muda desa persiapan Marloso yang ingin menjadi Polisi atau Tentara bisa mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel) di Mapolsek Namlea. 

"Bagi Bapak ibu yang punya anak mau menjadi Polisi ataupun Tentara silahkan datang ke Kantor Polsek Namlea sehingga nanti kita bisa mengadakan Bimbel, mungkin kita bisa latih mereka menjadi lebih baik, melalui latihan fisik seperti Pus Up, Restok, Pul Up dan lainnya," tambah Dede.


Terobosan Bimbel ini dilakukan dengan maksud supaya setiap anak yang memiliki cita -cita menjadi Polisi maupun Tentara lebih siap lagi dalam menghadapi tes yang sesungguhnya.


"Kita bisa terapkan kepada anak-anak bapak ibu, nanti saya akan terapkan kepada Bhabinkamtibmas kalau Bisa setiap Pukul 17.00 WIT bisa di adakan latihan di lapangan. Dan untuk anak bapak ibu yang bercita-cita untuk menjadi seorang abdi negara mulai dari sekarang bisa di siapkan baik itu secara fisik maupun secara intelektualnya," terangnya.


Dikesempatan itu, IPTU Dede mengajak seluruh masyarakat Desa Persiapan Marloso untuk sama - sama membangun Desa supaya menjadi lebih baik lagi. Hindari pertengkaran yang dapat memicu terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan bersama.


"Saya harap Desa Marloso ini bisa menjadi Desa Teladan dan bisa menjadi Desa yang lebih baik lagi. Dan semua yang telah disampaikan masyarakt akan saya sampaikn ke Dinas PMD maupun Pj. Bupati Buru," tandasnya.


Sementara Ketua BPD, Ramli Rumbia membeberkan bahwa dari kesekian kali Kapolsek yang menjabat baru pertama kalinya Kapolsek Namlea hadir di Desa Persiapan Marloso. 


"Selama ini tidak ada Kapolsek yang pernah hadir di Desa Marloso," akuinya.


Katanya, untuk keamanan di Desa Persiapan Marloso sudah cukup kondusif namun ada beberapa persoalan yang menjadi persoalan di Desa Marloso. Kendati begitu, ia mengajak semua yang hadir untuk membangun silaturahmi antara Kepolisian dengan masyarakat sehingga terciptalah situasi yang kondusif di Desa. 


"Untuk kondisi saat ini masih aman. Mari kita jadikan momen ini sebagai bagian dari silaturahmi antara masyarakat dengan Polri," tutupnya. (Red)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News