Close
Close

Jaringan Microwave Tidak Aktif, Diskominfo Bursel Akan Surati BAKTI Kemenkominfo

Namrole, Orasirakyat.com
Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) melalui Dinas Informasi dan Komunikasi (Diskominfo) akan menyurati Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terkait matinya sejumlah Tower Base Transceiver Station (BTS) yang menggunakan jaringan Microwave.


Hal ini disampaikan Kepala Diskominfo Bursel, Rudy Hartono saat dihubungi, Sabtu (6/5/2022).


"Sebenarnya semua sudah aktif cuma tinggal satu saja di Desa Fakal itu juga karena kekurangan saran dan prasarana. Kalau yang lain sudah selesai pengerjaan dan sudah On Air, hanya saja saat ini saya sementara siapkan surat ke BAKTI untuk menanyakan permasalah khusus untuk yang menggunakan jaringan microwave dari Oki Lama sampai di Waetawa dan satu di desa Lumoy, kecamatan Ambalau," ungkap Hartono.


Kata Hartono, tidak aktifnya jaringan Microwave diketahuinya berdasarkan keluhan yang diterimanya dari masyarakat dan petugas Fiberhome.


"Jadi jaringan mulai mati itu dua pasca lebaran Idul Fitri," terang Kadis.


Lanjutnya, selain tower jaringan dengan Microwave, semua tower yang dibangun dan menggunakan jaringan satelit sudah aktif.


"Semua aktif hanya jaringan Microwave saja yang tidak aktif dan lokasinya itu di Kecamatan Waesama secara Keseluruhan, Kecamatan Namrole di Desa Oki Lama dan di Kecamatan Ambalau itu di Desa Lumoy," jelasnya.


Terkait tidak aktif jaringan Microwave ini, pihaknya sementara melakukan koordinasi dengan BAKTI, untuk mengetahui catatan penyebab tidak aktifnya tower-tower tersebut.


"Kemarin saya juga dapat informasi dari petugas FiberHome bahwa matinya jaringan Microwave ini dari BAKTI langsung jadi saya akan konfirmasi langsung ke BAKTI untuk mengetahui matinya kenapa dan atas dasar apa," ujarnya.


"Jadi dari pihak BAKTI juga menunggu surat resmi dari kami baru mereka bisa menyampaikan penyebabnya," tambah Hartono.


Lebih jauh Hartono menegaskan bahwa untuk pembangunan 61 tower BTS BAKTI Kemenkominfo yang tersebar di Bursel telah rampung. 


"Jadi 61 sudah rampung tinggal 1 buah receiver di desa Fakal yang hampir rampung. Kemarin saya sudah konfirmasi dengan SPV dan petugas FiberHome itu ada kekurangan sarana infrastruktur tapi sudah dibawa ke Fakal untuk pemasangan," tuturnya.


Menutup penjelasannya, ia berharap masyarakat yang belum menikmati jaringan dapat bersabar sampai ada tanggapan balik dari BAKTI Kemenkominfo.


"Jadi kalau On Air secara keseluruhan sudah On Air, tapi ini entah ada persoalan apa kita tidak tauh. Kami minta masyarakat bersabar, yang pasti Pemda Bursel akan melakukan yang terbaik bagi masyarakat," tandasnya. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News