Close
Close

Buru Minta Tambah Jatah Kuota Haji

Namlea, Orasirakyat.com - Kabupaten Buru minta tambahan jatah kuota haji dari semula hanya 98 calon jemah haji (calhaj), naik menjadi 120 calhaj.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Buru, M Rum Soplestuny kepada media ini di Namlea, Rabu (1/2/2023). 

Ditemui usai mengikuti rapat dengar pendapat di Komisi I DPRD Buru, M Rum Sopestuny menjelaskan, kuota haji saat ini untuk Kabupaten Buru hanya 98 jamaah. 

Kuota itu sesuai SK Gubernur Maluku Nomor 130 tahun 2020, tentang penetapan kuota haji Kabupaten/kota se Maluku.

Dengan kuota yang begitu kecil, akui Rum Soplestuny, telah menyebabkan  calon jemaah haji  dari Kabupaten Buru kini sudah masuk daftar antrian 15 tahun. 

Menampung aspirasi dan keluhan dari masyarakat, DPRD Kabupaten Buru menilai antrian 15 tahun baru bisa berhaji ini sangat terlalu lama. 

Olehnya itu, lanjut Rum, DPR Kabupaten Buru telah meminta kepada Kementerian Agama RI di Jakarta dan tembusan ke Kantor Wilayah di Propinsi Maluku, agar jatah haji 98 bisa naik menjadi 120 untuk tahun haji 2023.


"Sehingga masa antri kita yg tadinya 15 tahu minimal bisa turun sampai 10 tahun,"ucap Rum. 


Rum mengaku ikut merasa prihatin melihat masyarakat Kabupaten Buru yang umurnya sudah lanjut dengan pendapatan ekonomi yang pas-pasan, harus masuk dalam daftar antrian panjang sampai 15 tahun. 


Akibat terlalu lama antri, saat terpanggil mengikuti ibadah haji, umur para calhaj ini sudah semakin tua. Bahkan ada yang duluan dipanggil pulang oleh UMK sebelum sempat berhaji. 


"Kalau mereka mendaftar di usia 40 tahun, maka baru bisa berhaji di usia 55 tahun. Kalau baru bisa mendaftar di usia 55 tahun, mereka baru bisa melaksanakan haji di usia 70 tahun. ini sangat memprihatinkan bagi kita," tambah Rum. 


Untuk itu, sekali lagi, Ketua DPRD Buru atas nama masyarakat di negeri bertajuk Bupolo ini, sangat mengharapkan agar Kemenag RI dapat menambah jatah calhaj dari daerah itu. 


"Kita tidak minta banyak-banyak. Dari 98 calhaj, hanya naik menjadi 120 calhaj, " pungkas Rum. (LTO)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News