Close
Close

Catatan Pinggir Darmizal Terkuat Pidato Jokowi Hari Ini

Jakarta, Orasirakyat.com - KETUA umum Relawan Jokowi alias Jokowi HM Darmizal mencatat, pidato presiden Joko Widodo dalam acara pertemuan Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK) hari ini. 


Darmizal mencacat, pancaran kegembiraan dan sumringah terlihat dari raut wajah Presiden ke 7 Indonesia itu. bahkan sampai 2 periode.


Pancaran gembira dan sumringah terlihat dari raut wajah Presiden Jokowi dan para relawannya. 


"Tidak ada yang berubah. Masih sama seperti 8 tahun lalu, tahun 2014. Sama rindu dan sama bahagianya saat Jokowi bertemu dengan para relawannya," kata Darmizal Sabtu, 26 November 2022.


Kata dia, pidato Jokowi penuh motivasi, inspirasi sekaligus memberikan harapan kepada relawannya. 


"Saya mencatat setidaknya ada tiga penting arahan Jokowi yang harus ditindak lanjuti oleh para relawan,yaitu;


Pertama, lanjut Darmizal, pentingnya pembangunan berkelanjutan. Pembangunan infrastruktur yang paling mendasar telah dilakukan secara masif di seluruh tanah air. 


"Konsepnya Indonesia centris, bukan Jawa centris. Misalnya, jalan tol lintas Jawa- Sumatera yang membelah Lampung Palembang, Jambi, Riau, Sumut, sampai Aceh. Pembangunan jalan nasional, jalan Propinsi dan jalan Desa, pembangunan pelabuhan, bandar udara, waduk, embung, terakhir IKN yang tidak lagi fokus di Jawa, tapi sudah mengindonesia," urainya.


Kedua; kata dia lagi, perlunya pemimpin yang hati, pikiran dan perbuatannya sepenuhnya mengutamakan kepentingan rakyat. Jokowi menggaris bawahi bahwa pemimpin yang wajahnya sampai mengkerut dan semua rambut memutih karena menjalankan amanah dengan  penuh tanggung jawab, adalah pemimpin yang sesungguhnya.


"Sebaliknya, mereka yang menikmati ruangan ber AC, kerja dibelakang meja, bukanlah pemimpin sebenarnya," tegasnya.


Dua penekanan Jokowi itu, membuat kita berusaha menebak, siapakah yang dimaksud Jokowi kira-kira. 


Dikatakan Darmizal, apabila persepsi bermuara pada teori folow the winner atau hasil survey tertinggi dan rambut memutih, maka yang disasar sebagai best candidate penerus Jokowi adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.


"Namun jika menelisik lebih jauh kebelakang, dimana dalam berbagai kesempatan Presiden Jokowi pernah ungkapkan, bahwa belum tentu yang popularitasnya tinggi akan diusung parpol dan jadi pemenang (berdasarkan pengalaman). Maka bisa jadi yang dimaksud Jokowi adalah tokoh utama yang telah beliau percaya untuk bertanggungjawab atas pembangunan infrastruktur massif dalam 8 tahun belakangan, yakni Menteri PUPR, Dr. Basuki Hadimuljono," jelasnya.


Oleh karena itu, ujarnya lagi, kedua tokoh tersebut perlu diberi tempat dan ruang oleh partai politik. Hal ini penting dilakukan agar mereka dapat  menunjukkan kemampuannya memimpin pembangunan Indonesia berkelanjutan yang sangat penting tersebut.


Darmizal mengkalkulasi, hanya sebagian relawan yang sedikit memahami ungkapan tersirat Jokowi itu. Maka ungkapan kalimat dan gerakan tubuh Presiden Jokowi lebih mengarah pada sosok Dr. Basuki Hadimuljono, yang dipercaya Jokowi menjadi Menteri PUPR sejak tahun 2014 lalu.


"Dr. Basuki Hadimulyo, Menteri yang merakyat dan paling rajin turun kebawah mendampingi Jokowi. Dia sosok pekerja keras yang ulet dan memahami kebutuhan rakyat tanpa tersisa waktu untuk membangun citra. Sepertinya cocok meneruskan kepemimpinan Jokowi," ungkap Darmizal.


Masih menurut Darmizal, bagi seluruh relawan yang sudah menyatakan tegak lurus bersama Jokowi, tentu jangan dulu kesusu dukung copras copres sana sini. Sebaiknya teliti sebelum membeli.


"Namun apakah pimpinan organ relawan tetap bersemangat menunggu sampai turunnya arahan Jokowi, atau ingin bergerak bebas dan berpaling sebelum masa penentuan yang ditunggu tiba, sesuai Mazhab Follow the winner?"


"Menurut hemat saya, setia dan tegak lurus lebih elok dijalankan, demi kepentingan bangsa untuk pembangunan yang berkelanjutan tersebut," ungkap Darmizal.


Bagaimanapun, ungkap pria berdarah Minang ini, Jokowi sudah purna dan tidak lagi ikut Pilpres 2024 sesuai amanat UUD RI yang berlaku hari ini.


"Saya secara pribadi, Ketua umum relawan yang tidak menikmati jabatan apapun di pemerintahan Jokowi akan tetap tegak lurus menunggu arahan Jokowi untuk suksesi 2024," tegasnya.


Bahkan, saya masih tetap siap menguras sisa tenaga dan keringat atau kembali menjual asset seperti yang dilakukan Ketum relawan lainnya untuk mensukseskan suksesi Jokowi nanti. Lets see..


"Ini hanyalah sebuah catatan, semua berpulang pada arahan Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo. Kedepan gerakan politik tentu akan semakin dinamis dan menghangat dalam koridor demokrasi yang semakin tumbuh dan sehat. Demokrasinya Indonesia ku," pungkas Darmizal. (Wit)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News