Close
Close
Orasi Rakyat

Sapulette Akui Daya Tampung Ruas Jalan Berkurang



Ambon, Orasirakyat.com
Jumlah kendaraan bermotor di Kota Ambon kian bertambah dan tidak lagi seimbang dengan ruas jalan yang ada.  Hal ini terjadi karena tiap tahun terjadi kenaikan atau pertambahan jumlah kendaraan bermotor di Kota Ambon. 


Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Roby Sapulette di ruang kerjanya, selasa (5/4/2022) menjelaskan tidak seimbangnya daya tampung ruas jalan dan jumlah kendaraan yang terus bertamba adalah satu dari sekian fenomena yang kini dihadapi oleh Dinas Perhubungan Kota Ambon.


Dimana hal ini berdampak pada sesaknya arus lalulintas pada waktu waktu aktif atau waktu kerja disejumlah ruas jalan di Kota Ambon.


Sapulette menambahkan, di tahun 2020- 2021 terjadi kenaikan atau pertambahan jumlah kendaraan umum dan pribadi sebesar 10,2 persen.


Melihat kondisi yang ada maka ada sejumlah cara yang bisa dilakukan yakni melakukan perluasan badan jalan dan atau membuka ruas jalan transit baru.


"Ini langkah yang mesti diambil, yakni melakukan perluasan dan membuka jalur transit baru" ungkapnya.


Selain itu, kata Sapulette, hal ini juga dapat dibantu dengan membuka kantong kantong ekonomi baru sehingga tidak semua kendaraan masuk ke dalam kota.


"Untuk kawasan Passo adalah kawasan yang memang dipersiapkan dan dalam proses pembenahan sehingga menjadi pusat transit," tandasnya. (OR/05)

Ikuti Kami Di👆

Post a Comment

Previous Post Next Post