Close
Close

Pemkot Sampaikan Pemenang Sementara Hasil Hitung Cepat Pilkades Serentak

Ambon, Orasirakyat.com
Pilkades serentak di kota Ambon untuk beberapa desa telah selesai, Pemkot telah menyampaikan hasil Penghitungan Cepat atau Quick Count (QC).


QC yang disampaikan Pemkot agar publik dapat mengetahui siapa saja pemenang sementara Pilkades Serentak dari 8 (Delapan) Desa dan 1 (Satu) Negeri Adat yang berlangsung Kamis 7 April 2022.


“Dari QC, Hasil sementara yang dapat saya sampaikan kepada masyarakat kota Ambon adalah sebagai berikut untuk desa Galala yang sementara unggul atas nama Jemima Joris, untuk desa Nania; La Ana, desa Hunut; Yondri Kappuw, Negeri Hative Kecil, Josias Muriany, desa Negeri Lama; Otniel Maitimu, Desa Poka;  Martina Kelbulan, Desa Waiheru; Usman Elly, Desa Wayame; Syamsudin Menur,” ungkap Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse dalam Konferensi Pers, Kamis (7/4/22) di Balai Kota.


Ririmase menjelaskan untuk Desa Latta, sementara masih dalam proses perhitungan, namun yang unggul saat ini adalah calon kades atas nama Hansje Totomutu.


“Jadi semua adalah hasil sementara dari QC, dan untuk penghitungan manual atau real count masih dalam proses dan nantinya akan divalidasi oleh KPPS sebelum diumumkan,” jelasnya.


Selaku ketua Panitia Pilkades Serentak Tingkat Kota Ambon, ia bersyukur Pilkades serentak berlangsung dalam situasi yang kondusif, lancar, aman, dan tertib.


“Saya Atas nama Pemerintah Kota Ambon, kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat khususnya di 8 desa dan 1  Negeri yang telah berpartisipasi pada Pilkada serentak,” paparnya.


Lanjutnya, pesta demokrasi di tingkat desa ini, terlaksana atas dukungan dan partisipasi dari masyarakat dan semua pihak termasuk pihak keamanan dari kepolisian, satuan polisi pamong praja, maupun dari dinas perhubungan dan semua komponen lainnya yang terlibat.


“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan Pilkades,” katanya.


Untuk perhitungan real count, tambhanya akan dilakukan oleh KPPS, dan hasilnya akan diumumkan secara resmi.


“Semua kepala desa dan Raja Negeri adat yang terpilih pada minggu ketiga bulan April akan dilantik oleh Bapak Wali Kota,” tutupnya. (OR/05)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News