Close
Close
Orasi Rakyat

Hadiri Dies Natalis Ke 20 GMKI Komisariat Poltek, Ini Pesan Sekot



Ambon, Orasirakyat.com 
Momen peringatan Dies Natalis GMKI Komisariat Politeknik Ambon (Poltek) yang ke-20, memiliki makna yang penting dan strategis bagi keberlangsungan organisasi yang telah banyak melahirkan pimpinan dalam menjalankan tugas panggilannya di tengah Gereja, masyarakat, negara dan perguruan tinggi.


“Ketiga makna itu adalah makna retrosfektif, introsfektif, dan prospektif,” kata Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, Agus Ririmasse, dalam sambutan saat hadir dalam Dies Natalis ke 20 GMKI Komisariat Poltek yang berlangsung di Kafe Mandar, Batu Koneng, Rabu (2/3/2022)


Dijelaskan dengan makna retrospektif, yaitu dengan peringatan hari ulang tahun  GMKI berupaya untuk  menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah dan fondasi yang sangat bernilai sebagai referensi untuk menapaki masa kini dan masa depan.


Selanjutnya, makna introsfektif, artinya peringatan hari ulang tahun dijadikan sebagai sarana mawas diri atau introspeksi diri;  dengan demikian setiap etape perjalanan kehidupan ini selalu bermakna karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan ke depan.


“Dan yang ketiga yaitu makna prosfektif artinya melalui perayaan hari ulang tahun GMKI Komisariat Poltek berupaya medesain atau merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian  tanpa melupakan nilai nilai dan peristiwa bersejarah  di masa lalu”ungkapnya.


Sebagai mitra Pemerintah, GMKI, diharapkan tetap eksis menjalankan fungsi kontrol dalam setiap kebijakan, namun fungsi kontrol itu harus dilakukan dengan landasan kasih.


“Fungsi kontrol silahkan dijalankan namun dengan bermartabat dan dilandasi kasih. Disitulah integritas GMKI sebgai organisasi mahasiswa Kristen diukur,” terangnya.


Sekot juga berharap GMKI akan tetap berfungsi sebagai sebuah gerakan yang terus konsisten untuk membina pemimpin – pemimpin muda yang siap diutus untuk mengabdi bagi Gereja, bangsa, dan negara.




“Oleh karena itu, setiap anggota GMKI harus selalu menjadi pelopor perdamaian dan persekutuan di tengah gereja, bangsa, dan negara. namun di sisi lain, setiap anggota GMKI harus juga menjadi yang terdepan dalam menyampaikan suara kenabian, menyatakan kebenaran, melawan ketidakadilan, kejahatan, penindasan, dan hal-hal lainnya yang ingin mengganggu keharmonisan gereja dan masyarakat,” tandasnya.


Acara Dies Natalis GMKI Komisariat Poltek, selain dihadiri Sekot dan para Pimpinan OPD, juga turut dihadiri Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta.  (*)

Ikuti Kami Di👆

Post a Comment

Previous Post Next Post