Close
Close
Orasi Rakyat

Skor Menurun, Kota Ambon Masuk Zona Orange




Ambon, Orasirakyat.com 
Angka penularan Covid19 begitu drastis mengakibatkan Skor Kota Ambon kembali mengalami penurunan berdasarkan data Peta Epidemiologi per 6 Februari 2022 yang dikeluarkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID 19 Republik Indonesia.


Kota Ambon pada pekan sebelumnya berada di Zona Kuning (Resiko rendah) dengan skor 2,73 kembali mengalami penurunan skor sebesar 0,36 poin menjadi 2,37 dan kini berada di Zona Orange (Resiko Sedang).


“Skor Kota Ambon minggu kemarin sebesar 2,73 dan untuk minggu ini sesuai data per 6 februari mengalami penurunan skor sebesar 0,36, sehingga kita sekarang masuk dalam Zona Orange dengan skor 2,37,” kata Kadis Kesehatan (Kadinkes) Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy, Selasa (8/2/22).


Pelupessy menjelaskan, hingga kini tercatat kasus terkonfirmasi di Kota Ambon mencapai 815 Orang dengan meninggal dunia sebanyak 3 orang.


“jadi hal ini yang menjadi indikator Epidemiologi perhitungan dan penentuan zonasi,” terangnya.


Ia mengakui, kenaikan kasus yang signifikan dikarenakan pihaknya yang gencar melakukan testing, tracing, tracking dan Screening terhadap masyarakat yang berkontak erat dengan pasien-pasien terkonfirmasi sebelumnya.


“COVID-19 identik dengan penularan, karena itu, pihak kami akan terus melakukan Tupoksi kami untuk terus meningkatkan 3T dengan indikator WHO 1/1000 Org per MInggu yang bertujuan untuk mengetahui lebih dini rantai penularannya, kita kurangi ruang geraknya melalui isolasi-isolasi terhadap pasien terkonfirmasi untuk meminimalisir penularannya. Dengan demikian, kita bisa secepatnya memutus mata rantai penularan COVID tersebut,” jelasnya.


Lanjut Pelupessy, tidak hanya terjadi di Kota Ambon, melainkan hampir seluruh daerah di Indonesia. Karena itu, dirinya berharap masyarakat dapat membantu memutuskan rantai penularan melakukan vaksinasi dosis lengkap bagi yang baru mendapatkan 1 dosis dan Vaksinasi Booster bagi yg sudah mendapatkan vaksinasi lengkap 6 bulan.


Maka dari itu, disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, Terutama penggunaan masker yang benar dan menjaga jarak (prokes) harus terus dilaksanakan.


Sementara data yang diperoleh dari Satgas Covid19 provinsi Maluku, update pada 8 Februari 2022, kasus terkonfirmasi sebanyak 1.171 kasus. (OR/05)

Ikuti Kami Di👆

Post a Comment

Previous Post Next Post