Close
Close

Iksan Tinggapy Layak Cawabup Buru

Namlea, Orasirakat.com - Tokoh muda anak negeri Bupolo, Iksan Tinggapy dinilai yang paling layak menjadi calon wakil bupati (cawabup) pendamping calon bupati (cabup) yang bakal diusung Partai Gerindra di pilkada Buru.


Hal itu ditegaskan Wakil Ketua I DPC Partai Gerindra Kabupaten Buru, Naldi Wali kepada awak media lewat saluran telepon, Minggu sore (7/7/2024).


"Poin terpenting beta sebagai kader Gerindra, pasangan cawabup pendamping cabup di Pilkada Buru haruslah anak negeri.Contohnya seperti Iksan Tinggapy,"tegas Naldi Wali.

Menurut Naldi, Iksan Tinggapy adakah sosok anak negeri yang berasal dari kalangan anak muda yang mumpuni. Ia pernah menjadi Ketua DPRD Buru dan kini masih anggota DPRD Buru aktif.

"Iksan salah satu tokoh muda yang punya peluang mendampingi AAH atau mendampingi MDR,"pungkas Naldi. 


Naldi yang sementara ini berada di Jakarta lebih jauh menjelaskan, kalau yang mendaftar sebagai cabup di Gerindra bukan, ada Abdul Aziz Hentihu (AAH), Daniel Rigan (MDR), Ikram Umasugi (IU) dan Amos Besan (AB) .

"Ada empat calon bupati yang hari ini sementara berproses.Keempat nama ini semua masih berproses di DPP Gerindra,"imbuh Naldi.


Untuk itu, dia berharap siapapun cabup yang akan diputuskan oleh Partai Gerindra, tetaplah mempertimbangkan beberapa aspek.

Aspek yang pertama, seorang figur calon wakil bupati sebagai pendamping cabup harus dari figur anak negeri.


'Beta juga akan menyampaikan aspirasi ini ke DPP Partai Gerindra untuk bisa dipertimbangkan," sambung Naldi.

"Kalau toh hari ini Daniel Rigan berpeluang besar untuk mendapat rekomendasi, maka beta dan masyarakat berkeinginan untuk pasangannya harus anak negeri,"contohkan dia.


Yang kedua, lanjut Naldi, kalau DPP Partai Gerindra juga sedang mengacuh kepada hasil survei. Keputusan siapa yang diakomodir dari empat cabup, maka pendekatannya harus tetap ilmiah.

"Tidak bisa pendekatan face to face,  pendekatan suka tidak suka.

Karena rekomendasi yang mau dikeluarkan ini keinginan kita dan keinginan partai adalah menang. 

Jadi pendekatannya harus survei,"tandas Naldi.

Intinya, tegas dia, kalau keempat cabup yang mendaftar di Gerindra ini masih sementara diproses oleh DPP.


"Saya selaku kader dan juga pengurus Gerindra Buru serta anggota DPRD Buru aktif juga memantau langsung perkembangan di DPP dan belum ada sinyal besar apapun kepada siapapun yang mendapat rekomendasi per hari ini (Minggu,7/7/2024),"katanya yakin.


Keempat nama cabup Buru ini masih sementara diproses, sehingga mungkin satu dua Minggu ke depan  baru bisa diketahui keputusan DPP, karena ini ranah dan keputusan DPP.


DPC Gerindra  di kabupaten hanya memfasilitasi membuka pendaftaran .Selanjutnya nama-nama itu dikirimkan ke DPP melalui propinsi.


"Sementara masih berproses. Belum ada satu kandidat pun yang sudah diputuskan, jadi semua cabup masih berpeluang,"kata Naldi. (AJP)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News