Close
Close

Layanan BPJS Keliling Online Permudah Warga Mamala

Ambon, Orasirakyat.com 
BPJS Kesehatan keliling yang digelar secara online ini merupakan transformasi dari kegiatan BPJS keliling yang saat ini sudah dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan. 

Perbedaan antara BPJS Keliling Online dengan yang sebelumnya yaitu dari media yang digunakan, yang mana media yang digunakan adalah pemanfaatan fitur video conference antara petugas dari BPJS Kesehatan dengan Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada kantor desa yang sudah ditentukan dan disepakati bersama dengan Peserta JKN. 


Salah satu inovasi ini didukung dengan memanfaatkan teknologi di era digitalisasi, maka pelayanan BPJS Keliling hadir sebagai solusi untuk memberikan pelayanan yang mudah, cepat, dan setara kepada seluruh peserta Program JKN.  


BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon juga melaksanakan BPJS Keliling Online dengan masyarakat di Negeri Mamala, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. 


Kegiatan yang dilakukan pada hari senin (21/04) dengan pertimbangan jarak tempuh dari Negeri Mamala ke Kantor BPJS Kesehatan yang membutuhkan waktu sehingga dengan adanya BPJS Keliling Online ini sangat membantu serta memudahkan akses keterjangkauan layanan bagi peserta yang berdomisili di Desa Mamala.


Kepala Desa Negeri Mamala, M. Ramli Malawat menyampaikan bahwa dengan adanya BPJS Keliling Online, sangat memudahkan Peserta JKN untuk mengakses layanan BPJS Kesehatan.


“Kami menyambut baik Kegiatan BPJS Keliling Online di desa kami. Kami siap membantu baik dari segi sarana maupun prasarana, terutama jaringan internet. Untuk teknis pelaksanaannya, jika Peserta JKN maupun Peserta yang belum memiliki kartu JKN membutuhkan informasi dan administrasi kepesertaan, maka masyarakat bisa ke Kantor Desa Mamala. Karena nanti kedepannya, Ketika Masyarakat membutuhkan layanan pendaftaran maka PIC yang sudah ditunjuk Pihak Desa akan menghubungi secara online melalui aplikasi Zoom petugas frontliner dari BPJS Kesehatan. Kemudian petugas tersebut dapat memberikan pelayanan ataupun penjelasan dan informasi sama seperti halnya jika dilakukan kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan. Jadi tidak ada pelayanan yang berbeda,” ungkap Ramli.


Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, Harbu Hakim menyampaikan Layanan BPJS Keliling online ini juga merupakan solusi bagi masyarakat yang memang kesulitan dengan jarak dan akses ke kantor BPJS Kesehatan yang jauh. 


Dengan hadirnya kegiatan ini merupakan sarana agar Peserta Program JKN dapat melaksanakan komunikasi secara tidak langsung dengan petugas BPJS Kesehatan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.


“Beberapa daerah di Provinsi Maluku, termasuk di daerah Pulau Ambon yang sedaratan masih terdapat desa yang sulit dan bahkan tidak dapat diakses menggunakan kendaraan roda empat. Maka melalui inovasi BPJS Keliling secara online ini harapannya dapat menjadi jawaban bagi permasalahan sulitnya akses layanan BPJS Keliling secara langsung,” ujar Harbu.


Selain itu, Wa Lala (39), salah satu Peserta Program JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) menyampaikan bahwa salah satu kendala yang selama ini ia hadapi adalah jarak yang jauh serta biaya yang dibutuhkan untuk berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan sehingga seringkali ia menunda untuk berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan.


“Dengan BPJS Keliling Online ini, saya hanya perlu mengecek jadwal kapan akan dilakukan pelayanan secara online dan bisa langsung ke kantor desa untuk mengakses pelayanan,” ucap Wa Lala.


Wa Lala menuturkan bahwa layanan BPJS Kesehatan Keliling Online sangat bisa membantu masyarakat. Dengan memanfaatkan layanan BPJS Keliling Online ini masyarakat dapat mempersingkat waktu serta menghemat biaya perjalanan apabila harus ke kantor BPJS Kesehatan secara langsung. Ia berharap agar layanan seperti ini kedepannya akan terus ada.  


“Semoga BPJS Kesehatan dapat terus memberikan inovasi-inovasi baru untuk menjangkau masyarakat yang tinggal jauh seperti kami dan untuk memberikan pelayanan seluas-luasnya seperti kegiatan BPJS Keliling Online ini yang sudah membantu masyarakat hingga ke pelosok,” imbuh Wa Lala. (JP)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News