Close
Close

Pemkota Ambon Cetak KTP Bagi Warga Binaan Kelas IIA Ambon

Ambon, Orasirakyat.com
Pemerintah kota Ambon melalui Dinas Pencatatan Sipil (dukcapil) menjalin kerja sama dengan Lapas kelas IIA AMBON.


Kerja sama ini dalam bentuk pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi warga binaan yang belum memiliki KTP maupun yang KTPnya tercecer atau hilang.


"Kami lakukan bekerja sama dengan Lapas Kelas IIA Ambon ini untuk melayani warga binaan lapas. Misalnya memberikan pelatihan kemudian juga bisa mengambil hasil produksi mereka dari kerajinan yang mereka buat. Hari ini kami melakukan pencetakan KTP," ujar Pj. Walikota Ambon, Bodewin Wattimena kepada wartawan, kemarin.


Ia menyebut, pada intinya pemerintah tidak boleh tidak memperhatikan mereka yang menjadi warga binaan Lapas Kelas II Ambon.


"Ini wujud dari komitmen kami, saya telah berkoordinasi dengan Pak Kalapas, dengan kadis Dukcapil, rupanya ada warga binaan lapas yang sampai saat ini juga belum memiliki KTP dan mereka warga kota Ambon. Oleh karena itu, kegiatan jemput bola yang dilakukan dinas Dukcapil dengan masuk langsung ke Lapas IIA Ambon, Lapas anak, Lapas Perempuan, tetapi juga di Rutan," ujarnya.


Ia menyebut, untuk layanan pembuatan KTP hari ini telah terlayani kurang lebih dua puluh KTP yang di cetak.


"Kami layani dua puluhan dari warga binaan lapas II Ambon kota Ambon yang belum memiliki identitas sebagai warga kota, tetapi juga kita melayani saudara-saudara kita yang dari kabupaten kota lain yang  misalnya KTPnya sudah hilang, tercecer dan sebagainya kita bantu untuk mencetak KTP mereka," terang Wattimena.


Pencetakan KTP Kabupten kota lain ini menurut Wattimena sudah bisa dilakukan karena telah terintegrasi seluruh Indonesia.


"KTP ini kan sudah terintegrasi seluruh Indonesia, tinggal sebut nama, tanggal lahir. Karena kalau sudah pernah buat KTP pasti muncul dan bisa di cetak," jelasnya.


Ia berharap, apa yang dilakukan oleh pemerintah kota Ambon dan Kalapas II Ambon ini, minimal telah memberikan manfaat kepada warga binaan lapas kelas IIB Ambon.


"Manfaat ini kan bentuk perhatian kita kepada mereka. Mereka tidak merasa sendiri, apa kesulitan mereka bisa kita bantu," tandasnya.


Sementara Kalapas II Ambon,  BS.IP. S.Ag.MH mengapresiasi kerja sama tersebut. Ia juga berharap ada kerja sama lain yang nantinya dapat disepakati dalam rangka menunjukan kepedulian pemerintah kepada warga binaan Lapas II A Ambon.


"Kami mengapresiasi bentuk kerja sama ini. Semoga kedepannya ada kerja sama-kerja sama yang lain bisa kita buat bagi warga binaan Lapas kelas IIA Ambon,"tandasnya. (JP)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News