Close
Close

Kinerja Polres Baik, Angka Kejahatan Terhadap Anak dan Perempuan di Bursel Turun Signifikan

Namrole, Orasirakyat.com
Kapolres Bursel, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) M Agung Gumilar, menyebut angka kejahatan terhadap anak dan perempuan di Kabupaten yang baru berusia 15 tahun ini turun signifikan. 


Kasus ini menurun drastis setelah Polres berdiri di kabupaten Bursel dan melakukan tugas-tugasnya hukumnya dengan baik.


"Meski Polres Bursel masih berusia 1,5 tahun, namun angka kejahatan terhadap anak dan perempuan menurun signifikan. Kami bersyukur di 2023 mengalami penurunan yang signifikan. Yang sebelumnya 95 kasus, kini 13 kasus yang kami tangani," ungkap Kapolres kepada awak media, seusai press conference kasus dugaan tindak pidana kekerasan seksual, Rabu (4/10/2023) di Mapolres Bursel.


Saat didampingi Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polres Bursel Inspektur Polisi Satu (Iptu) Yefta Marson Malasa, Kapolres membeberkan bahwa, kejahatan terhadap anak dan perempuan merupakan kejahatan kategori krisis Hak Asasi Manusia (HAM) sehingga tidak bisa dilakukan restoratif justice (keadilan restorasi-red) mengingat kerugian yang di alami oleh korban di bawah sampai akhir hayat.


"Setelah kita melakukan penegakan hukum terhadap anak dan perempuan, termasuk persetubuhan anak di bawah umur, kami bersyukur di 2023 mengalami penurunan yang signifikan. Polres Bursel konsen terhadap masalah itu, karena itu merupakan atensi dari pak Kapolri dan Kapolda Maluku, " tegasnya.


Kendati begitu, Kapolres mengakui, bahwa dalam pelaksanaannya terdapat kendala-kendala. Dimana, sebelumnya di Bursel saat ada permasalahan tersebut sering di selesaikan secara adat.


Sedangkan kendala kedua yaitu belum terdatanya penduduk dengan baik di Kabupaten Bursel.


Gumilar mengaku, penanganan atau mitigasi terhadap kejahatan anak dan perempuan bukan hanya kewajiban kepolisian tetapi kewajiban kita semua di mulai dari tokoh agama, tokoh adat dan pemerintah daerah. 


"Kalau kita sama-sama tentunya hal tersebut tidak akan terjadi lagi di Bursel. Polres Bursel tetap konsisten dan komitmen terhadap penanganan kasus kekerasan anak dan perempuan. Untuk kasus demikian, tidak ada ampun kita akan melakukan penegakan hukum, walau apapun kendalanya kita akan tangani itu," ujar Gumilar. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News