Close
Close

Forum Lintas Sektoral Gelar Coffee Morning Guna Meminimalisir Angka Lakalantas

Namrole, Orasirakyat.com 
Dalam rangka meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yang diakibatkan oleh berbagai faktor, Forum Lintas Sektoral menggelar Coffee Morning di Kaki Lima Coffee Shop, Namrole, Selasa,(12/9/2023).


Hadir dalam Coffee Morning tersebut, Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Abdul Hakim Tuankotta, Kadis Pekerjaan Umum, Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bursel Lukman Soulissa, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Inspektur Satu (IPTU) Chris Souissa, Kepala Bidang Perhubungan Darat Rein Tasane, sejumlah Kepala Seksi (Kasi) di dinas Perhubungan dan puluhan anggota Satlantas Polres Bursel. 


Kadis Perhubungan Kabupaten Bursel Abdul Hakim Tuankotta mengaku, forum lintas sektoral ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Bursel dalam hal ini, Dinas PUPR Kabupaten Bursel, Jasa Raharja, Dinas Kesehatan dan Polres Bursel. 


"Kita mengadakan coffee morning terkait hak-hak pengunaan jalan yang harus di miliki dan di patuhi oleh masyarakat. Terutama ketika menggunakan jalan, jangan tabrak jalur, masyarakat yang menggunakan motor harus menggunakan helm, intinya di situ, " kata Hakim.


Tuankotta juga mengaku, ada beberapa infrastruktur yang belum di penuhi seperti rambu-rambu lalu lintas. Meski di beberapa tempat sudah pernah di pasang, namun ada yang sudah kabur dan lebih parahnya lagi di rusak.


Menyikapi kendala rambu-rambu lalu lintas, pihaknya akan mengantisipasi laka lantas dengan segera menyiapkan rambu-rambu lalu lintas, meski dalam pelaksanaannya belum diketahui kapan dapat direalisasikan, sebab untuk penyiapan rambu-rambu tersebut, di butuhkan tahapan hingga nantinya rambu-rambu lalin dapat terpasang dengan baik. 


Terkait dengan akses jalan di seputaran Kota Namrole, yang berlubang dan telah menelan korban jiwa. Pihaknya, akan berupaya untuk bisa mengantisipasi. Dengan segera menyirtu areal yang berlubang.


Sementara, Kasat Lantas Iptu Souisa mengaku, Satlantas di mana kami bertugas, di wilayah tersebut, sudah berkewajiban  untuk berkolaborasi dengan instansi terkait Dalam hal ini Perhubungan dan PUPR.


"Kolaborasi ini hanya karena kami berkeinginan stop pelanggaran, stop kecelakaan  keselamatan untuk kemanusiaan," terang Souisa. 


Sementara, Kadis PUPR Bursel Lukman Soulisa membeberkan terkait kondisi jalan di seputaran Kota Namrole. 


"Kita tahu bersama terkait kondisi jalan yang ada di Kabupaten Bursel. Dimana ada sejumlah ruas jalan yang berlubang. Peran Dinas PUPR untuk meminimalisir angka laka lantas, salah satunya dengan penyediaan jalan yang baik, untuk dapat di nikmati warga," ujar Soulisa.


Menurutnya, PUPR memiliki kewajiban untuk melihat kondisi jalan yang ada, untuk hal yang terkait masalah jalan, kita akan memperbaiki jalan yang berlubang, yang biasanya marak terjadi kecelakaan pada lintasan jalan tersebut. Karena itu akan dilakukan bertahap, selama satu-dua pekan akan di lakukan perbaikan jalan kabupaten yang berlubang di Kabupaten yang berusia 15 tahun ini.


"Satu dua hari kedepan, kita lakukan secara bertahap, kita akan memperbaiki jalan-jalan yang berlubang di Namrole, sehingga di harapkan dapat mengeliminir permasalahan laka lantas yang semakin marak terjadi di Bursel, " tutup Soulisa. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News