Close
Close

Sejumlah Perwira di Polres Bursel Bergeser

Namrole, Orasirakyat.com - Kapolres Buru Selatan (Bursel) AKBP M Agung Gumilar, melantik 6 (enam) jabatan di Polres Bursel, Kamis (10/8/2023).


Pelantikan ini berlangsung dalam Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang di pusatkan di halaman Mapolres Bursel. 


Perwira yang dilantik yakni Kasat Reskrim, Kasat Resnarkoba, Kasat Binmas, Kabag Ops, Kasi Propam,  Kasat Lantas Polres Bursel. 


Mereka dilantik berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Nomor : KEP/409/VII/2023 Tanggal 29 Juli 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda Maluku lampiran Keputusan Kepala Kepolisian Daerah Maluku Nomor : KEP/321/VII/2023 tanggal 29 Juli 2023.


Sesuai SK Kapolda Maluku itu, telah memberhentikan Inspektur Satu (IPTU) M Yusuf Ali dari jabatan lama Kasat Binmas Polres Buru dan jabatan baru sebagai Kasat Binmas Polres Bursel, memberhentikan IPTU Bahtiar Teppo dari jabatan lama Kasat Binmas Polres Bursel dan jabatan baru sebagai Kasat Binmas Polres Buru. 


Kemudian, memberhentikan IPTU Jefry Mairuhu dari jabatan lama sebagai Kasat Resnarkoba Polres Bursel dan jabatan baru sebagai Panit 2 Bagwassidik Ditreskrimsus Polda Maluku, memberhentikan IPTU Rusli La Sahidin dari jabatan lama sebagai Panit 1 Unit 1 Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Maluku dan jabatan baru sebagai Kasat Resnarkoba Polres Bursel. 


Memberhentikan IPTU Orgenes A Peilouw dari jabatan lama sebagai Kasat Lantas Polres Bursel dan jabatan baru sebagai Kanit 1 Sigar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Maluku. 


Memberhentikan IPTU Christofel Souisa dari jabatan lama sebagai Kanit 1 Silaka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Maluku dan jabatan baru sebagai Kasat Lantas Polres Bursel. Memberhentikan IPDA Daniel Apituley dari jabatan lama sebagai Kasi Propam Polres Bursel dan jabatan baru sebagai Pama Polres Bursel. 


Memberhentikan Inspektur Dua (IPDA) Fadli dari jabatan lama sebagai Kanit 3 SPKT Polres Bursel dan jabatan baru sebagai Paur Subbagdalprogar Rorena Polda Maluku. Memberhentikan Ajun Komisaris Polisi (AKP) Obed Nego Remialy dari jabatan lama sebagai Kasat Reskrim Polres Bursel dan jabatan baru sebagai Kabag Ops Polres Bursel dan memberhentikan IPTU. Yefta Marson Malasa dari jabatan lama Pabit 2 Unit 1 Subdit 1 Ditreskrimum Polda Maluku dan jabatan baru sebagai Kasat Reskrim Polres Bursel. 

Kapolres Bursel AKBP M Agung Gumilar dalam amanatnya mengatakan, serah terima jabatan dan alih tugas dalam lingkungan Polri merupakan suatu hal yang wajar dan biasa dilakukan sebagai wujud dinamisnya organisasi, sejalan dengan perkembangan zaman dan tuntutan tugas  dan khususnya dalam rangka pembinaan karir, harus di pahami bahwa di samping sebagai wujud kepercayaan pimpinan Polri.


"Pada hakikatnya tugas jabatan dan wewenang merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus di syukuri dan dijalankan dengan sebaik-baiknya serta penuh rasa tanggung jawab, " ujar Gumilar. 


Gumilar menyebut, sebagaimana kita ketahui bahwa Polres Bursel mempunyai wilayah geografis yang cukup luas, memiliki budaya dan karakteristik daerah yang spesifik serta pola pikir masyarakat yang kritis, khususnya terhadap seluruh aktivitas, kinerja polri. Di sisi lain masih di hadapkan dengan keterbatasan seperti personel, sarana prasarana. Hal ini sudah tentu memerlukan inovasi dan motivasi dari seluruh personel.


"Selain itu, saat ini kita sedang melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi operasi mantap brata salawaku 2023 yang bertujuan untuk mengawal dan mengamankan jalannya pemilihan anggota legislatif, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Presiden, dan Wakil Presiden 2024 pada setiap pentahapan. Hal ini akan membawa konsekuensi terhadap pertarungan calon anggota partai pendukung," Tutur Orang nomor di satu di Polres Bursel ini. 


Dirinya megaku, saat ini pihaknya juga sedang melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi pekat salawaku 2023 yang dilaksanakan selama 14 hari mulai dari 4 -13 Agustus 2023 dengan tujuan mencegah terjadinya penyakit masyarakat serta cipta kondisi menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 tahun 2023 di wilayah hukum Polres Bursel. 


"Menyikapi ancaman gangguan Kamtibmas tersebut diatas serta memperhatikan paradigma polri dan semakin tinggi tuntutan masyarakat akan rasa aman, maka sudah tentu menuntut kesiapan personel polri dalam mengantisipasinya. Apabila kita tidak bisa menyesuaikan dengan tuntutan masyarakat tersebut, maka tidak mengherankan apabila praktek di lapangan kita masih sering menerapkan pola represif sehingga berbenturan dengan kepentingan masyarakat itu sendiri. Bahkan menimbulkan konflik antara polri dengan masyarakat. Hal tersebut tentu akan semakin menjauhkan tampilan Polri sebagai polisi sipil sebagaimana di diamanatkan oleh tuntutan reformasi, " katanya. 


Sedangkan kepada AKP La Ritji yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala bagian operasional di Polres Bursel meskipun waktunya begitu singkat Kapolres mengucapkan terima kasih dan selamat bertugas pada jabatan dan tempat tugas saudara yang baru. 


"Kepada Iptu jefry Mairuhu, Iptu Bahtiar Teppo, Iptu Orgenes A Peilouw dan Ipda Albertus Touwe saya selaku pribadi maupun pimpinan mengucapkan terima kasih karena sudah banyak berdedikasi dan membantu dalam dinamika berorganisasi polres Bursel dan selamat bertugas pada jabatan dan tempat tugas yang baru," tutur Gumilar. 


Sementara, kepada IPDA Daniel Apituley dirinya juga menuturkan terima kasih karena telah melaksanakan tugas sebagai Kepala Seksi Profesi dan keamanan (Kasi Propam) di Polres Bursel tetap semangat dan optimis dalam menjalankan tugas kedepan dan selamat bertugas pada jabatan baru pada Polres Bursel. 


"Kepada pejabat yang baru, saya ucapkan selamat datang di Polres Bursel, saya berharap para pejabat yang baru dapat segera melakukan langkah-langkah strategis  dalam mengimplementasikan seluruh kebijakan yang telah di tetapkan oleh pimpinan Polri. Tanggung jawab dalam suatu jabatan adalah amanah sekaligus kepercayaan, dimana di dalamnya mengandung konsekuensi yang tidak ringan, sehingga di setiap jabatan dituntut untuk dapat menampilkan kinerja terbaik agar mampu membawa perubahan di satuan yang di pimpinnya ke arah yang lebih baik," tandasnya.


Acara sertijab ini dihadir oleh seluruh Kapolsek dan perwira di lingkup Polres Bursel. Acara ditutup dengan foto bersama. (Tim)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News