Close
Close

Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan Kapolres Buru Sosialisasi Pentahapan Pemilu ke Parpol

Namlea, Orasirakyat.com - Ketua KPU Buru, Munir Soamole dan Ketua Bawaslu, Fatih Haris Thalib didampingi Kapolres Pulau Buru, AKBP Nur Rahman melakukan silaturahmi sekaligus sosialisasi pencegahan dini tahapan pemilu tahun 2024 di kantor DPD Partai Golkar dan kantor DPD Partai Gelora, Senin sore (1/5/2023). 


Ketua KPU, Munir Soamole menyampaikan kepada ketua DPD Golkar, M Rum Soplestuny dan Ketua DPD Gelora, Andar Karepesina beserta pengurusnya agar selalu memperhatikan dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan  KPU, sehingga nantinya tahapan -tahapan pemilu bisa dilaksanakan dengan baik.


Dimana sesuai tahapan dan jadwal pemilihan umum legislatif, DPD dan Pilpres Tahun 2024, maka Pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) mulai dibuka hari ini, Senin tanggal 1 Mei hingga 14 Mei 2023.


Tepat pukul 8.00 wit, ketua KPU, Munir Soamole didampingi anggota, Faisal Mamulati, Mirza Ohoibor dan Saiful Kabau secara resmi telah membuka Masa Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Buru yang dihadiri oleh anggota Bawaslu Kabupaten Buru Hamdani Jafar serta Tim Help Desk Pemilu KPU Buru.


Soamole dalam sambutannya manyampaikan bahwa, sesuai ketentuan dalam Peraturan KPU RI nomor 10 tahun 2023 tentang Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Kab/Kota, maka KPU Kabupaten Buru sesuai jadwal, siap menerima Pimpinan Partai Politik yang akan mendaftarkan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Buru.


Soamole menjelaskan, Tim Help Desk KPU Buru akan bekerja setiap hari mulai pukul 08.00. s/d pukul 16.00 WIT, pada hari pertama pendaftaran hingga tanggal 13 Mei 2023, sedangkan untuk hari terakhir tanggal 14 Mei 2023, proses penerimaan dokumen calon dibuka pada pukul 08.00 s/d pukul 23.59 WIT.


Terpantau, hari pertama pembukaan belum ada konfirmasi dari Partai Politik terkait proses pengajuan bakal calon Anggota DPRD Kabupaten di KPU Kabupaten Buru.


Meski demikian, Sosmole mengaku jika jajaran KPU Buru tetap stan by di kantor sesuai jadwal untuk menerima Partai Politik peserta Pemilu tahun 2024.


Daerah Pemilihan (Dapil) untuk Kabupaten Buru tetap 3 Dapil seperti Pemilu 2019, yakni Dapil I terdiri dari Kecamatan Namlea dan Lilialy (9 kursi), Dapil II Kecamatan Waplaw, Fenaleisela dan Air Buaya (7 kursi), serta Dapil III Kecamatan Waiapo, Lolongguba, Wailata, Teluk Kaiely dan Batabual (9 kursi).

"Dapil tidak berubah, namun ada pergeseran kursi di Dapil II yang pada Pemilu tahun 2019 alokasi 10 kursi, kini tinggal 9 kursi. Dan sebaliknya untuk Dapil I mengalami penambahan kursi, dari 8 kursi pada Pemilu 2019 naik menjadi 9 Kursi pada Pemilu 2024 nanti. Untuk Dapil III yang meliputi Kecamatan Waplau, Fenaleisela dan Air Buaya tidak ada perubahan alokasi kursi, tetap 7 seperti pada Pemilu 2019 lalu", jelas Soamole. 


Sementara ketua Bawaslu, Fatih Haris Thalib berpesan, ketika dalam tahapan-tahapan pemilu dan pada saat pelaksanaan Pemilu nanti, jika ada pelanggaran agar segera melaporkan kepada pihak Bawaslu dan akan di tindak lanjuti. "Di Bawaslu juga ada tim yang dinamakan Gakumdu  terdiri dari pihak Bawaslu, kepolisian dan kejaksaan," jelas Fatih.


Sedangkan Kapolres Pulau Buru AKBP Nur Rahman dalam kesempatan kunjungan itu nenjelaskan,  bahwa pada dasarnya mereka dari pihak kepolisian dalam hal ini Polres Pulau Buru menitipkan pesan kepada para ketua- ketua partai agar bisa bersama- sama menjaga Kamtibmas selama tahapan pemilu maupun dan saat pelaksanaan pemilu nantinya. 


Kapolres Pulau Buru juga berharap,  agar tidak menyebarkan berita hoax dan mudah percaya dengan berita hoax. 


"Jangan kita mudah diadu domba. Beda pilihan boleh, tapi jangan sampai kita terpecah belah, " ingatkan Nur Rahman.


Selain mendampingi silaturahmi yang dilakukan ketua KPU dan ketua Bawaslu, Kapolres Pulau Buru juga melakukan  kegiatan sosialisasi Kamtibmas.


Kunjungan Ketua KPU, Ketua Bawaslu disambut hangat Pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Buru dan Pengurus DPD Partai Gelora Kabupaten Buru. 


Masih dalam suasana lebaran, semuanya bermaaf-maafan dan terlibat perbincangan hangat seputar pertahanan pemilihan umum (pemilu) tahun 2024. (AJP)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News