Close
Close

Nakhoda KM Dorolonda Diperiksa Selama Dua Jam

Namlea, Orasirakyat.com - Nakhoda KM Dorolonda, Capt Asep Soparya digarap selama dua jam guna mengungkap  kontainer berisi B3 yang diangkut oleh kapal milik PT PELNI itu dan salah satunya jatuh ke laut Dermaga Namlea tanggal 28 Maret lalu yang menyebabkan ribuan ikan mati keracunan. 

Wartawan media ini melaporkan, Nakhoda KM Dorolonda terlihat turun saat kapal merapat di Dermaga Namlea pada Senin pagi (1/5/2023). 


Selain nakhoda, ada beberapa awak KM Dorolonda juga ikut mendampingi. Mereka semua  menuju Kantor UPP Kelas 2 Namlea guna menjalani pemeriksaan yang dijadwalkan dilakukan di sana. 


Sekitar dua jam Capt Asep Soparya dkk berada di kantor tersebut. Mereka baru kembali ke atas kapal setelah selesai jalani pemeriksaan yang dilakukan tertutup. 


Selain Capt Asep Soparya, turut diperiksa Mualim I, Gendro Wahyudi, Kepala Kamar Mesin (KKM), Muhammad Ridwan dan satu lagi ABK yang mengoperasi mesin crane. 

Paur Humas Polres Pulau Buru, Aipda MYS Jamaludin dihubungi siang tadi  menjelaskan, kalau ada empat kru KM Dorolonda yang diperiksa. 


Selain Nakhoda, turut diperiksa Mualim I, Kepala Kamar Mesin dan ABK yang mengendalikan mesin crane. 


"Pada hari Senin tnggal 1 Mei 2023 pukul 09.00 wit penyidik polres buru kembali melakukan pemeriksaan awak kapal dorolonda,adapun awak kapal yg di mintai keterangan sebanyak 4 orang, " benarkan Aipda Jamudin. 


Menurut Aipda Jamudin, Nakhoda dan para awak KM Dorolonda ini diperiksa selama dua jam. Bertempat di Kantor Unit Pelayanan  Pelabuhan (UPP) Kelas 2 Namlea. 

"Pemeriksaan 4 awak KM Dorolonda sudah sesuai  yang dijadwalkan Sat Reskrim Polres Pulau Buru , pada tanggal 1 Mei 2023. Kemudian untuk perkembangan penyidikan akan kami sampaikan lagi, " jelasnya. 


Pada hari yang sama  Kapolres Pulau Buru AKBP Nur Rahman bersama Dandim 1506 Namlea juga mantau langsung arus balik penumpang kapal KM Dorolonda yang baru tiba di pelabuhan laut Namlea setelah balik dari Bitung dan Ternate. 


Penumpang turun di Dermaga Namlea tercatat sebanyak 700 orang dan penumpang naik dengan tujuan wilayah barat mencapai 600 orang. 


Sebagaimana pernah diberitakan, kontainer berisi bahan campuran yang diduga terdapat Bahan Kimia Beracun (B3) untuk olahan tambang emas ilegal di Gunung Botak, jatuh ke dalam laut saat hendak diturunkan dari KM Doronda ke atas dermaga pelabuhan Namlea.


B3 tersebut diperkirakan jatuh di dermaga pelabuhan Namlea pada pukul 04.30 WIT, Selasa (28/3). Akibatnya ratusan ikan di kawasan dermaga Pelabuhan Namlea ditemukan mati mendadak.


Peristiwa ikan mati mendadak ini semakin menimbulkan kecurigaan kalau isi kontainer itu ada juga bahan kimia berbahaya, jenis asam cianida (CN) serta berbagai jenis bahan lainnya yang lazim digunakan untuk mengolah emas di kawasan Gunung Botak. 


kontainer itu dengan nomor pengiriman DBL 8930326000018. Kontainer itu naik dari dermaga Makassar, Ujung Pandang dengan tujuan Namlea.


Pada manifes PT PELNI, tercatat pengirim dari Makassar atas nama Fadly dan penerimanya di Namlea juga atas nama Fadly. (LTO)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News