Close
Close

Danrem 151/Binaiya Tanam Pohon Mangrove Saat Pembukaan Opter TNI

Ambon, Orasirakyat.com - Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI, Aminton Manurung, S.I.P. buka dan tinjau kegiatan Operasi teritorial TNI di Lapangan Desa Kailolo, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (30/4/2023). 


Selain itu Komandan Korem 151/Bny  juga ikut melakukan penanaman pohon mangrove di lokasi pembukaan Opster TNI.


Operasi Teritorial ini akan berlangsung selama 60 hari, mulai 30 April hingga 28 Juni 2023, berlokasi di Negri Pelau, Negri Kariu, dan Dusun Ori, dengan mengerjakan, sasaran fisik, berupa, pembangunan RTLH type 36 sebanyak 7 (Tujuh) unit, Rehab MCK dan Sarana Mandi 1 (Satu) unit, serta pembuatan Lapangan Volly 2 (dua) unit.


Tugas yang diemban adalah memperkokoh persatuan dan kesatuan, menjaga stabilitas wilayah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.


Tema yang di usung yaitu "Melalui Operasi Teritorial Kita Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Khususnya di Wilayah Rawan Konflik Guna Menjaga Stabilitas Nasional serta Terciptanya Kemanunggalan TNI dan Rakyat".


Dalam amanatnya Danrem mengatakan : "Operasi teritorial ini sebagai salah satu bentuk upaya TNI, membantu Pemerintah Daerah, dalam mengatasi kesulitan rakyat, khususnya di negeri Pelauw dan Kariu, yang pada beberapa waktu lalu, mengalami situasi yang kurang baik akibat konflik sosial".


Keberadaan TNI dalam opster, mengandung makna penting, agar selalu terciptanya Ruang, Alat, dan Kondisi Juang yang tangguh, demi  Kemanunggalan TNI Rakyat, dalam mewujudkan perdamaian, serta memulihkan kondisi masyarakat akibat konflik sosial.


"Jadikan momentum Opster TNI ini, untuk menjalin persaudaraan serta kekeluargaan dengan masyarakat, dan kehadiran prajurit TNI dalam Opster TNI TA 2023 ini, akan membawa sukacita, dan kebahagiaan dalam masyarakat, khususnya di negri Pelau, dan Kariu, serta dapat menjadi agen perdamaian dalam kehidupan masyarakat", ujarnya.


Disela-sela pembukaan Opaster TNI tersebut juga dilakukan penanaman pohon mangrove di lokasi bibir pantai, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, dengan harapannya bisa menjaga kelestarian lingkungan hidup, mengurangi abrasi laut dan tempat berlangsungnya hidup biota laut, karena kawasan hutan mangrove adalah salah satu tempat yang paling nyaman untuk beberapa jenis makhluk hidup.


Acara penanaman pohon ini merupakan rangkaian kegiatan upacara pembukaan Opster TNI TA. 2023.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Pejabat Bupati Malteng Drs. Muhammad Marasabessy, ST, SP, Aster Kasdam XVI/Ptm  Kolonel Inf. Hasandi Lubis, Kasiren Korem 151/Bny Kol.Inf Taufik, Kasiter Korem 151/Bny Kol.Inf Christian Soumokil, Dandim 1504/Ambon  Letkol Arh. Tengku Sony Sonatha SE.MIP, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau Lease Kombes Pol Raja Arthur Simamora SIK, Danyon Satgas Armed 1 Letkol Arm Arif Budiman, Para Pasi dan Danramil Kodim 1504/Ambon, Camat Pulau Haruku M. Ali Latuconsina, Para Pimpinan OPD pemeritah Malteng, Raja negeri Kailolo Sdr. Muhammad Ali Ohorela dan Raja negeri Kariu Sdr.Samuel Pattirajawane serta undangan penting lainnya. (JP)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News