Close
Close

Depot Pangan Segera Di Gelar, Dinas Pertanian Provinsi Maluku Akan Optimalkan Kalender Tanam


Ambon, Orasirakyat.com
- Kalender Tanam dan waktu pekerjaan memang perlu di optimalkan lagi sehingga pekerjaan kita tidak mengganggu atau menghambat kita pada satu titik unit kerja.


Kalender tanam dan waktu pekerjaan merupakan peta yang menggambarkan potensi pola dan waktu tanam untuk tanaman pangan padi dan lainya, yang disusun berdasarkan potensi dan dinamika sumberdaya iklim sesuai ketersediaan air.


Hal ini berkaitan dengan infrastruktur terutama untuk, jalan, dan air bersi,  atau juga untuk jaringan irigasi, dan  selama ini telah berkoordinasi untuk dapat dipastikan semua proses berjalan sesuai dengan kebutuhan.


"Contohnya ketika ada pekerjaan perbaikan maka tentu kita berkoordinasi untuk dapat memastikan,  sehingga dalam proses pekerjaan itu tidak mengganggu ataupun menghambat kita. Sebab kita belum ada pada satu titik antara kalender tanam dan waktu pekerjaan, maka tentu  ini yang memang harus kita optimalkan lagi," demikian disampaikan oleh Ilham Tauda, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Kepada awak media, di ruang kerjanya, Jumat (20/1/23).


Selain menetapkan waktu tanam dan pekerjaan, dinas pertanian Provinsi Maluku juga akan melakukan Depot Pangan.


"Dalam waktu dekat ini Dinas Pertanian akan menyiapkan Depot Pangan yang akan melibatkan masing-masing instansi, seperti Dinas Pertanian, Disperindag, Ketahanan Pangan, dan Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku," ucapnya.


Alasan untuk menyiapkan depot pangan adalah sebagai tindak lanjut dengan difrey Bulog Maluku, dan Maluku Utara. Hal ini bertujuan untuk melakukan stabilisasi harga dan ini akan di display pada masing - masing unit kerja terutama untuk menemui kebutuhan,  baik untuk masyarakat sekitar, ataupun pegawai itu sendiri yang membutuhkan.


Depot pangan ini akan di siapkan di beberapa kabupaten kota diantaranya kota Ambon, kabupaten Buru, Kabupaten Maluku Tengah, dan kabupaten Seram Bagian Barat.


"Berkaitan dengan itu, maka tentu infrastruktur terutama untuk jalan, air bersih dan juga jaringan irigasi perlu di koordinasikan untuk memastikan sehingga dalam proses pekerjaan itu tidak mengganggu ataupun menghambat kita. Terkait hal ini kami sudah di koordinasikan dengan dinas PUPR Provinsi Maluku, dan Dinas PUPR siap untuk membatu dalam mensukseskan kegiatan ini,  terutama pada penyediaan infrastruktur," tutup Ilham (MS)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News