Close
Close
Orasi Rakyat News

Jelang Operasi Simpatik Salawaku, Kapolres Bursel Minta Personil Lapangan Harus Maksimal



Namrole, Orasirakyat.com
Kapolres Buru Selatan (Bursel) AKBP. M Agung Gumelar memberikan arahan kepada anggotanya dalam rapat Ops menjelaskan operasi Simpatik Salawaku Tahun 2022, yang berlangsung di Mapolres Bursel,  Kamis (08/12/2022).


Dalam arahannya Kapolres menegaskan bahwa operasi simpatik ini dalam rangka cipta kondisi Kamtibmas menjelang Natal dan Tahun Baru.


Untuk itu, Kapolres meminta agar operasi ini dilakukan dengan sebaik mungkin dan jangan hanya  sekedar formalitas saja.


"Tentunya dalam operasi simpatik ini saya minta jangan hanya formalitas semata namun harus dilakukan sebaik mungkin," ujar Gumelar.


Ia menjelaskan menjelang operasi Simpatik ini nantinya anggota yang bertugas akan diberi sejumlah materi dari pemateri tentang apa saja yang akan dilakukan oleh personil saat bertugas dalam operasi tersebut.


Dimana, kata Gumelar materi ini bisa menjadi bekal dalam bertugas selama 10 hari operasi SIMPATIK terhitung dari besok. 


"Jadi harus dipahami semua materi yang diberikan sehingga dalam pelaksanaanya kita tidak menyalahi aturan dan operasi ini dapat berjalan dengan sebaik-baiknya," paparnya.


Dalam operasi Simpatik Salawaku, Gumelar menekankan agar personil bertugas harus lebih mengutamakan pendekatan preventif dan prespektif untuk kemananan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas di wilayah hukum Polres Bursel.

"Jadi saya minta tidak ada tindakan-tindakan arogansi saat pelaksanaannya dan lebih mengutamakan tiga S. Operasi ini sifatnya teguran, namun tidak menutup kemungkinan ditemukannya tindak pidana pada saat pelaksanaanya maka silakan ditindak sesuai SOP dan aturan-aturan yang berlaku. Misalnya kendaraan itu tidak memiliki surat-surat dan legalitas bisa diserahkan ke Reskrim, ingat tidak ada transaksional," tegasnya.


Gumelar menyampaikan, meskipun tidak didukung oleh anggaran karena Polres Bursel masih baru, namun ia berharap operasi dapat berjalan maksimal.


Di kesempatan itu, Gumelar memperjelas bahwa Polres adalah salah satu perwakilan tindakan kepolisian yang ada di Bursel dan kehadiran Polres Bursel sangat diharapkan oleh masyarakat.


"Jadi jangan melukai dan mencoreng dengan tindakan-tindakan yang tidak perlu saat operasi," himbaunya.


Lanjutnya, dilakukanya operasi Simpatik Salawaku menjelang Natal dan tahun baru ini mengingat dinamika di Bursel semakin berkembang baik eksternal atau internal maupun pengarahu dari regional serta global sehingga penggunaan kendaraan semakin banyak baik pendatang maupun lokal yang ada di Bursel.


"Kita harus ingatkan masyarakat bagaimana berkendara dengan baik sehingga kita bisa menekan angka-angka kecelakaan ataupun pelanggaran-pelanggaran lainnya. Itu harus menjadi hasil akhir dari digelarnya operasi Simpatik Salawaku ini," pungkasnya.


Kembali Gumelar menghimbau agar personil dalam bertugas di lapangan harus subtansial dan mengutamakan kesehatan dan keselamatan.


"Bukan hanya bersifat formil atau pelaporan tapi subtansial. Biar kita minim dalam fasilitas tapi ada hasil, ada progresnya itu yang diharapkan. Kalau ada dugaan dan gerakan-gerakan mencurigakan segera antisipasi, utamakan kesehatan dan keselamatan," tutupnya. (OR/AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News