Close
Close

Jelang Pemilu 2024 ,KPU Buru lakukan Sosialiasi, Evaluasi Peran dan Fungsi DP3



Namlea, Orasirakyat.com
Menjelang Tahapan Pelaksanaan Pemilihan Umum ( Pemilu ) serentak tahun 2024, KPU Kabupaten Buru lakukan sosialisasi, evaluasi peran dan fungsi kaders Desa Peduli Pemilu & Pemilihan (DP3) di Desa Waelo, Kecamatan Waelata, Kabuoaten Buru.


Kegiatan sosialiasi kepada 25 kaders DP3 itu berlangsung di Aula Kantor Desa Waelo pada Sabtu 26 maret 2022.


Ketua KPU Kab. Buru, Munir Soamole mengatakan, pentingnya kegiatan evaluasi peran dan fungsi kaders DP3 itu dilakukan untuk mengukur sejauh mana kinerja serta kesiapan para kaders dalam menghadapi tahapan Pemilu tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2022 ini.


Kaders DP3 harus benar-benar siap karena berada pada garda terdepan guna mensosialiasikan seluruh informasi tentang kepemiluan kepada masyarakat desa.


Selain itu, Para Kaders DP3 diminta mampu memberikan pemahaman serta membangun kesadaran politik di tengah-tengah masyarakat akan arti pentingnya menggunakan hak politik di era modern penuh digitalisasi ini.     

 

Soamole menambahkan, banyaknya informasi hoax yang merebak di sosial media juga merupakan tantangan tersendiri bagi kaders DP3 untuk mematahkan semua informasi tak tertanggungjawab itu kepada masyarakat desa agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya secara rasional dan berdaulat tanpa tekanan dari pihak manapun dalam bentuk apapun.


"Tugas teman-teman DP3 di lapangan untuk memberikan informasi tentang pemilu yang benar agar masyarakat tidak mudah termakan info hoax yang sering merebak di dunia maya yang mampu mengagitasi setiap orang untuk bertindak dan melakukan hal-hal yang mengarah ke pidana Pemilu," jelas Soamole di hadapan peserta.


Lebih jauh Soamole menandaskan, program DP3 secara Nasional sebelumnya sudah dicanangkan oleh KPU RI pada Pemilu tahun 2014 lalu dan saat itu dikenal dengan nama Relawan Demokrasi (Relasi).


Pada tahun 2021 kemarin KPU RI kemudian merubah nama program Relasi menjadi DP3 atau Desa Peduli Pemilu & Pemilihan. Hanya  berubah nama tapi visinya tetap sama.


Kegiatan sosialiasi itu di hadiri oleh semua Komisioner KPU Kab.Buru, Sekretaris,para Kasubag & Staf sekretariat KPU Buru.

Komisioner KPU Kab.Buru. Faisal Amin Mamulaty yang bertindak sebagai moderator pada kesempatan itu juga sempat menjelaskan, tentang keputusan Menkumham tentang 75 Partai Politik yang sudah teregister di Kemenkumham dan beberapa poin penting lainnya terkait teknis pelaksanaan penyelenggaran pemilu.

Selain Mamulaty, Komisioner KPU lainnya Mirja Ohoibor juga menjelaskan, tugas & fungsi kaders DP3 pada Pemilu 2024 ini, dan ditutup oleh Gawi Gibrihi Komisioner KPU Buru yang membidangi devisi Perencanaan, Program & Data dengan penjelasan, tentang progres daftar pemilih berkelanjutan ( DPB ) tahun 2022.


Usai mengikuti sosialisasi, 25 kaders DP3 tersebut di berikan Sertifikat sebagai Kaders DP3 Desa Waelo yang diserahkan secara simbolis oleh Ketua KPU Buru Munir Soamole dan Pejabat Kepala Desa Waelo kepada dua kaders perwakilan dari 25 kaders desa Waelo Kecamatan Waelata Kab.Buru. (LTO)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama