Close
Close

Gempa Tektonik 4,9 Episenter Guncang Kairatu


Maluku, Orasirakyat.com
  
Guncangan gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,9 Episenter terjadi di Maluku, tepatnya di wilayah Kairatu, Kecamatan Seram Bagian Barat (SBB). 


Guncangan gempa bumi ini terjadi pada Kamis (24/03/22), Pukul 22: 51:53 WIT.


"Hasil analisis BMKG menunjukan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=4.9. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.44 LS dan 128.4 BT, atau tepatnya berlokasi di laut 12 km Tenggara Kairatu pada kedalaman 10 km, terang Kepala Stasiun Geofisika Ambon,Herlambang Hudha, dalam press rilis.


Dijelaskan, jenis dan Mekanisme Gempa bumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal. 


Terhadap dampak yang dirasakan, guncangan gempa bumi ini  dirasakan di Kairatu IV MMI, Ambon, Haruku III MMI dan Masohi II MMI.


" Di daerah tersebut, guncangan gempa bumi dirasakan oleh banyak orang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," terang Herlambang.


Dijelaskan, hingga pukul 23:40 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukan adanya 2 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Terhadap kejadian alam dimaksud, pihaknya berharap kepada masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan tetap menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.


"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah." himbaunya.


Pihaknya juga memastikan terhadap informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. (OR/05)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News