Close
Close

Babinsa Selwafu Komsos dengan Warga Walmatina

Namlea, Orasirakyat.com
Babinsa Selwadu Koramil 1506- 03/Airbuaya, Sertu Ali Tueka melaksanakan kegiatan Komsos di Desa persiapan Walmatina, Kec Airbuaya.


Humas Kodim 1506/Namlea dalam siaran persnya Sabtu (27/11/2021) menjelaskan, komunikasi sosial (Komsos) tersebut membahas tentang menjaga dan melestarikan budaya Adat Buru, menjaga Kebersihan lingkungan.


Berbicara lebih jauh tentang menjaga kebersihan lingkungan, Sertu Ali Tueka mengatakan, Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. 

Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan berbagai sarana umum. 


Kebersihan tempat tinggal dilakukan dengan cara mengelap jendela dan perabot rumah tangga, menyapu dan mengepel lantai, mencuci peralatan masak dan peralatan makan.


Jelas Sertu Ali Tueka, kalau kebersihan lingkungan dimulai dari menjaga kebersihan halaman dan selokan, dan membersihkan jalan di depan rumah dari sampah.

Jika kebersihan lingkungan tidak terjaga, maka lingkungan kita akan menjadi kotor. Seperti sampah yang sering sekali di buang di jalanan dan bukan di tong sampah.


"Sampah yang kita buang akan membuat lingkungan menjadi kotor dan banyak penyakit yang akan datang," yakinkan Babinsa.


Untuk itu ada tujuh hal yang dapat dilakukan oleh warga diantaranya, agar sampah sebaiknya di buang ke tong sampah dan rajin  membersihkan selokan dari sampah-sampah.


Tidak kalah pentingnya, yakni Melakukan kegiatan kerja bakti. Menyediakan tong sampah yang terbagi atas sampah organik dan non organik.


Kemudian, tanam tanaman agar udara tetap segar dan bersih.

Pada kesempatan itu, Sertu Ali Tueka juga mensosialisasikan manfaat dari vaksinasi Covid 19  yang dilaksanakan Puskesmas Airbuaya.


Hadir dalam kegiatan tersebut Pejabat Kepala Desa Persiapan Waetina, Oni Leslesi, tokoh adat dan tokoh agama serta masyarakat setempat.


Sementara itu, pada Kamis lalu (25/11/2021), bertempat di Kantor Desa Waipure, Kec. Airbuaya, Sertu Abdul Amin Umanailo Babinsa Koramil 1506-03/Airbuaya  monitoring pergantian dan pelantikan kepala Desa Waipure oleh Bupati Buru, Ramly Umasugi.


Turut mendampingi Bupati, Sekda Muh Ilyas Bin Hamid, Asisten I H Masri, Asisten II, Abas Pelu, Staf Ahli Mansur Mamulaty, dan Camat Airbuaya Hamisi Umasugi. (LTO)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News