Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

10 Desa di SBT Jadi Sasaran Pembangunan Sanitasi






Ayo Masker, Ayo Vaksin...... !


SBT, Orasirakyat.com
Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Maluku pada 2021 menjalankan program pemberdayaan Sanitasi Perdesaan (Sandes) pada 10 desa di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Hal itu diungkapkan Kepala BPPW Maluku Abdul Halil Kastella kepada wartawan usai kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Program Sanitasi Padat Karya 2021 pada, Kamis (14/10/2021) dipusatkan di Lantai III Hotel Surya Kota Bula,


Kastella mengatakan, program sanitasi pedesaan padat karya merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat miskin yang bersifat produktif berdasarkan pemanfaatan Sumber Daya Alam, tenaga kerja dan teknologi lokal dalam rangka mengurangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan dan menurunkan angka stunting, karena program tersebut berkaitan dengan penataan kehidupan yang sehat.


"Program ini dalam rangka mengurangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan dan menurunkan angka stunting," kata Kastella.

Lebih lanjut dikatakan, pengentasan kemiskinan masih menjadi tantangan bagi pemerintah Kabupaten/Kota. Pasalnya, kemiskinan menjadi masalah yang urgen dan segera diselesaikan sehingga dapat meningkatkan perekonomian di kawasan permukiman. 


Untuk itu diperlukan intervensi pemerintah untuk menyiapkan akses infrastruktur dasar permukiman yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat. 


Ditambahkan, sesuai arahan Presiden Republik Indonesia pada Rapat Terbatas tanggal 18 Oktober 2017 dan menindaklanjuti arahan Presiden tersebut di atas, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada rapat koordinasi tanggal 11 November 2017 Lalu memberikan arahan terkait lingkup kegiatan padat karya di Direktorat Jenderal Cipta Karya.


"Meliputi seluruh kegiatan pembangunan infrastruktur permukiman berbasis masyarakat yang telah dilaksanakan selama ini, baik di pedesaaan maupun perkotaan di antaranya infrastruktur bidang sanitasi," ucapnya.


Untuk diketahui, 10 Desa tersebut Teridiri dari, Desa Kufar, Desa Kilbat, Desa Belis, Desa Karay, Desa Dreamland Hills, Desa Sumber Agung, Desa Rukun Jaya, Desa Salas, Desa Englas dan Desa Tansi Ambon. (Fer)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama