Close
Close

Naikan Harga BBM, Disperindag Bursel Akan Beri Sanksi Bagi Pengecer Nakal

Namrole, Orasirakyat.com
Menyikapi melonjaknya harga jual khusus BBM dan mitan yang terjadi di Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Kepala Dinas Perdagangan Bursel, Dominggus Seleky menyebut pihaknya sudah turun ke lapangan untuk mengecek kebenaran informasi tersebut. 


"Hari ini, staf perdagangan turun mengecek ke agen dan pengecer di pusat Kota Namrole," ungkap Seleky kepada wartawan media ini, Selasa, 9 Juli 2024, via telepon whatsapp.


Ia berharap para pedagang baik itu agen maupun pengecer tidak menciptakan kondisi yang bisa menyusahkan masyarakat dengan menaikan harga BBM. Bahkan dengan tegas ia menyebut akan menindak siapa saja yang coba bermain nakal disaat kondisi kabupaten seperti saat ini.


"Saya berharap, kenaikan harga tidak di spekulasi oleh pedagang, karena bila kedapatan ada pedagang yang memanfaatkan situasi dengan menaikan harga, maka akan di berikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku dan bisa juga kena sanksi pidana," ujar pria yang akrab di sapa Dedy ini. 


Sementara pantauan media ini, hingga malam keberadaan BBM susah di dapati di tingkat pengecer, padahal siang hari tadi sempat Agen Premium dan Minyak Solar (APMS) yang beroperasi di Desa Lektama berdasarkan postingan akun facebook Hajijah Arafah menjual BBM. 


Belum di ketahui BBM jenis apa yang di jual tadi siang. Namun hingga malam masih ada warga net yang berdomisili di seputaran Kota Kabupaten seperti akun Azmil Hail Aponno Lamaloang masih juga mempertanyakan keberadaan penjualan BBM di tingkat pengecer, karena tak di temukan ada aktivitas penjualan BBM baik pertamax dan pertalite di pengecer seputaran Kota Kabupaten. 


Diketahui, Harga pangan, Bahan Bakar Minyak (BBM) baik pertalite dan pertamax dan Minyak Tanah (Mitan) di ibu Kota Kabupaten Buru Selatan Kecamatan Namrole terus meroket. 


Kondisi ini terjadi diduga minimnya ketersediaan stok, paska terputusnya jalan utama penghubung Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dan Kabupaten Buru. 


Hasil penelusuran wartawan harga Cabai Rawit meroket hingga 150 ribu/ kilo dari harga sebelumnya yang hanya 100/ kilo, cabai merah juga mengalami kenaikan dari sebelumnya 80 ribu / kilo menjadi 100-120 per kilo. Demikian juga harga bawang merah dan putih pun terus melonjak dari harga 60 ribu/ kilo menjadi 80 ribu per kilo, sedangkan harga tomat naik dua kali lipat dari sebelumnya 30 ribu/ kilo menjadi 60 ribu/ kilo. Harga kentang dari 30 ribu/ kilo menjadi 50 ribu/ kilo. 


Sedangkan sayur mayur jenis sayuran daun seperti sawi, kangkung, bayam susah di temukan, begitupun dengan sayuran jenis polong yakni kacang panjang yang tidak nampak terpajang di etalase pedagang sayur mayur. 


Sedangkan harga mitan saat ini bervariatif ada yang menjual dengan 9000/ liter hingga 15 ribu / liter. Sementara untuk pertalite pun sudah susah di temukan terpajang di etalase pengecer yang berhamburan di Kota Namrole. 


Sejumlah akun di facebook seperti akun Jessi Jhe Matatula yang menyebut dirinya berhasil membeli BBM di pengecer dengan harga 20 ribu/ liternya pada Senin, 8 Juli 2024 malam. Hal senada juga dikemukakan akun Bahta Bram via reelsnya yang menyebutkan harga pertalite yang di belinya dengan harga 20 ribu rupiah / liternya. Sementara untuk BBM jenis pertamax di jual 25 ribu rupiah / liternya di tingkat pengecer. 


Sedangkan untuk mitan akun facebook Syenny Uktolseya Toumahuw menyebut baru tiga, empat hari jalan putus saja, harga mitan sudah di jual 9 ribu/ liter, Nhina Naena Wabula dan Susanti Pelu menyebut mitan di jual dengan harga 10 ribu rupiah/ liternya.


Hal senada juga di kemukakan akun facebook Maruanaya Maya yang memposting harga mitan per gen 5 liter telah di jual dengan harga 50 ribu rupiah/ gen. Terparahnya, akun Ketrin Kenzo menyebut mitan di jual 15 ribu/ liternya senada dengan akun Marshella Fitriyani Wulandari menyebut mitan satu gen di beli dengan 75 ribu rupiah / gen 5 Liter. 


Sayangnya, dari penulusuran ke akun Marshella di mana pihaknya mendapatkan penjualan mitan seharga 75 ribu/ gen 5 liter, dirinya mengaku tidak mengetahui, lantaran di belikan oleh temannya. (Yul)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News