Close
Close

Bersama Polres Bursel, Wabup Tinjau Lokasi Banjir

Namrole, Orasirakayat.com
Guna melihat kondisi masyarakat Dusun Fatiban, desa Hote, Kecamatan Waesama, yang terkena banjir beberapa hari lalu, Wakil Bupati (Wabup) Bursel, Gerson Eliaser Selsily bersama para asisten Bupati, Pimpinan OPD dan Polres Bursel serta Danton C 735/ Nawasena melakukan kunjungan ke dusun tersebut, Selasa (10/9/2024).


Kunjungan itu guna melihat sejauh mana air merendam perumahan warga dan sumber masalah yang menyebabkan air masuk ke rumah warga.


Pantauan wartawan, saat berkunjung ke Dusun Fatiban, kondisi air sudah surut. Namun Wabup dan Kapolres Bursel, AKBP M Agung Gumilar bersama rombongan berkesempatan melihat lokasi kali penyebab banjir yang berada di dekat dusun tersebut.


Kepada wartawan, Wabup Bursel, Gerson Eliaser Selsily menyampaikan, kehadiran dirinya bersama Polres dan Kompi 735 Nawasena untuk melihat aliran air yang mengalir masuk ke dusun Fatiban.


"Hari ini kami hadir dan melihat secara langsung dan jalur ini juga dilewati oleh mobil pengangkut kayu milik perusahan jadi kami harus berkoordinasi sehingga minimal bisa dilakukan normalisasi sehingga air bisa mengalir ke jalur utamnya da tidak meluap ke sana kemari yang akhirnya masuk ke wilayah pemukiman masyarakat," terang Selsily.


Selsily juga berharap pihak perusahan bisa membuat semacam Bronjong untuk bisa menata arus air ke jalur utama sehingga kedepan tidak lagi membuat dampak bagi masyarakat.


"Tadi kita sudah lihat rumah-rumah yang sudah terendam air akibat dari luapan air yang masuk lewat jalur jalan loging perusahan dan ini sangat berbahaya," ujarnya.


"Kami berharap pihak perusahan untuk secepatnya melakukan pengalihan air kemudian normalisasi serta pembuatan bronjong. Jadi kehadiran kami disini bagian dari rasa memiliki kami terhadap masyarakat disini," tambahnya.


Terkait dengan bantuan tanggap darurat bagi masyarakat yang menjadi korban, Wabup mengakui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bursel masih menyiapkan sesuai dengan data.


"Segera kita berikan bantuan dan pihak bencana alam juga sudah siapkan bantuan-bantuan yang sekedar untuk membantu masyarakat dan sudah kami koordinasikan dan akan segera diberikan," tandasnya.

Sementara, Sugiansa sebagai kepala perencanaan PT Panca Karya selaku perusahan yang beroperasi di lokasi tersebut mengaku akan segera melakukan pengnormalisasian pada area sungai.


"Kami akan melakukan upaya-upaya menormalisasi sungai supaya jalur sungai tersebut bisa dialirkan ke sungai utama dengan membangun bronjong di sepanjang aliran sungai ini," akui Sugiansa.


Di lokasi yang sama, Kapolres Bursel, AKBP M. Agung Gumilar mengaku untuk sementara pihaknya memaksimalkan personil Polsek Waesama yang dipimpin IPDA Novy Waelauruw untuk membantu warga jika ada banjir susulan.


"Kami sementara melaksanakan tupoksi kami dengan melakukan himbauan-himbauan bagi masyarakat dan pihak perusahan kemudian apa yang akan dilakukan kedepan tentunya perlu dilakukan rapat kembali dan untuk sementara guna membantu masyarakat disini kita maksimalkan anggota dari Polsek Waesama," pungkasnya. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News